Topik

Komplotan Pencuri Ternak Ditangkap di Kejuruan Muda, 1 Diantaranya Baru Keluar dari Penjara

·
Komplotan Pencuri Ternak Ditangkap di Kejuruan Muda, 1 Diantaranya Baru Keluar dari Penjara
Kelima pelaku dan barang bukti berupa satu unit mobil diamankan di Mapolsek Kejuruan Muda. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Aksi 5 orang komplotan pencuri ternak ini berhasil di tangkap oleh warga dan nyaris menjadi bulan-bulanan warga. Beruntung bagi mereka karena polisi datang tepat waktu.

Kelima pelaku adalah, AR (27), SP (27), DIN (43), FR, (32), dan MAT (36).  Kelima pelaku ditangkap saat sedang beraksi mencuri kambing milik Dimas, 21 tahun, warga Kampung Tanjung Genteng, Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang.

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kapolsek Kejuruan Muda, Iptu Hendra Sukmana kepada Wartawan Minggu (12/7/2020) mengatakan, dari kelima pelaku yang ditangkap, satu diantaranya merupakan napi yang baru keluar dari penjara beberapa bulan lalu.

Para pelaku, kata Hendra, di amankan warga di perkebunan kelapa sawit milik PTPN 1 yang berada di Kampung Simpang Kanan Kecamatan Kejuruan Muda Jumat (10/7/2020) siang. "Salah satu warga melihat kelima pelaku itu turun dari mobil mewah, dan menangkap seekor kambing milik warga di Jalan lintas Simpang Kanan -Gerenggam," kata Hendra.

Kemudian, warga yang melihat itu pun segera melaporkan kepada warga lainnya dengan menggunakan HP. Tidak lama kemudian warga lain pun datang beramai ramai dan langsung menangkap ke lima pelaku tersebut."Sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara warga dan para pelaku. Namun akibat para pelaku kalah jumlah dan tidak menguasai wilayah, akhirnya ke limanya berhasil diamankan warga," katanya

Warga yang terlanjur kesal pun sempat menghujani para pelaku dengan pukulan dan mencoba merusak mobil milik pelaku. Beruntung anggota markas polisi sektor Kejuruan Muda datang tepat waktu ke lokasi kejadian, setelah sebelumnya menerima laporan dari warga bahwa telah terjadi aksi pencurian hewan ternak oleh sekelompok orang.

"Beruntung anggota kami tepat waktu tiba dilokasi kejadian, sehingga aksi main hakim sendiri oleh warga dapat dihentikan. Jika terlambat sedikit saja mungkin ke lima pelaku itu tidak selamat," ujarnya.

Selanjutnya, kata Hendra, kelima pelaku pencuri itu langsung di gelandang ke Mapolsek Kejuruan Muda beserta barang bukti berupa, 1 unit mobil Toyota Kijang Inova bernomor polisi BL 1170 IG dengan kondisi kaca belakang pecah dan kedua kaca spion patah, 1 ekor kambing, dan 6 gulung tali nilon untuk dilakukan pemeriksaan.

Hendra menjelaskan, satu dari lima pelaku yang berinisial DIN merupakan spesialis pencuri ternak dan sudah 4 kali keluar masuk penjara dengan kasus yang sama. Dan ia juga merupakan otak dalam aksi kejahatan itu. "Selain menjadi otak pelaku, DIN, sudah 4 kali keluar masuk penjara dengan kasus yang sama. Dan dari penelusuran, DIN juga baru saja keluar dari penjara beberapa bulan lalu," ujarnya. (Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...