Topik

Menangi MotoGP Jepang, Marc Marquez Juara Dunia 2018

·
Menangi MotoGP Jepang, Marc Marquez Juara Dunia 2018
Pembalap Honda, Marc Marquez. Foto : Istimewa

JAKARTA - Pembalap Honda, Marc Marquez, berhasil memastikan diri merebut gelar juara dunia MotoGP untuk kelima kalinya setelah finis terdepan dalam balapan di Motegi, Jepang, Ahad, 21 Oktober 2018. Dengan tiga balapan tersisa, torehan poinnya tak mungkin dikejar rival terdekarnya, Andrea Dovizioso (Ducati).

Gelar juara Marquez sudah dipastikan dua putaran menjelang finis. Dovizioso saat itu terjatuh dan hanya finis di posisi ke-18 sehingga peluangnya untuk menunda pesta juara Marquez pun hilang.

Marquez finis terdepan dengan catatan waktu 42 menit 36,438 detik. Ia unggul 1,573 detik dari Cal Crutchlow (LCR Honda0. Alex Rins (Suzuki Ecstar) finis di posisi ketiga.

Bagi Marquez, 25 tahun, ini menjadi gelar kelimanya di kelas primer atau yang ketujuh di berbagai kelas. Ia pertama kali menjuarai MotoGP pada 2013 atau di tahun debutnya. Ia kemudian hanya gagal juara pada 2015, saat finis di belakang dua pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Marquez menyamai torehan pembalap Repsol Honda lain, Mick Doohan, yang mampu menjadi juara lima kali di kelas primer. Ia hanya kalah dari Valentino Rossi (7) dan Giacomo Agostini (8).

Marquez kini mengemas nilai 269, sehingga nilainya tak mungkin dikejar Dovizioso yang meraih 194 point dan Valentino Rossi yang meraih 182 point.(**)

Sumber : Tempo.co

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...