Topik

Mulai Hari Ini, KIP Aceh Tamiang Gelar Coklit Serentak Pemilu 2019

·
Mulai Hari Ini, KIP Aceh Tamiang Gelar Coklit Serentak Pemilu 2019
Gambar Ilustrasi. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang akan melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilu 2019 secara serentak pada hari ini, Selasa (17/4/2018). Coklit tersebut dilaksanakan selama sebulan dari tanggal 17 April hingga 17 Mei 2018 dan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

"Sebanyak 913 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan melakukan gerakan coklit serentak di Kabupaten Aceh Tamiang  untuk Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2019," kata Ketua Pokja Pemuktahiran Data Pemilih Pemilu, Adi Sartika kepada Kabar Tamiang, Selasa (17/4/2018).

Untuk itu, KIP Aceh Tamiang menghimbau semua warga untuk menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan (Surket) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, yang menyatakan bersangkutan sudah melakukan perekaman KTP Elektronik dan yang bersangkutan telah terdata dalam database kependudukan. "Semua warga yang sudah mempunyai hak pilih agar dapat menyiapkan KTP atau Surket atau Kartu Keluarga," ujarnya.

Adi Sartika meminta kepada PPDP agar dapat melaksanakan tugas secara maksimal mungkin tanpa melakukan rekayasa dengan mengambil data melalui perangkat kampung saja, melainkan harus terjun langsung ke rumah - rumah pemilih. 

"Bagi warga yang melihat PPDP dilapangan tanpa melakukan Pencoklitan disetiap rumah atau hanya ambil data dari perangkat agar segera melaporkan kepada pihak penyelenggaraan yang paling dekat yaitu PPK atau PPS," harapnya.

Dengan melakukan pendataan disetiap rumah, sambung Adi Sartika dapat dipastikan data tersebut memiliki ke akuratan yang valid.

"Baik dan buruknya DPT Pemilu 2019 sangat bergantung kepada kinerja PPDP. Jika PPDP bekerja secara optimal dalam proses Pemuktahiran Data Pemilih, maka DPT pemilu 2019 diharapkan akan lebih akurat dan berkualitas," ujarnya.(Hen).

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...