Topik

Permudah Layanan

Mulai Lusa, Pengambilan Dokumen Kependudukan di Loket Paten Kecamatan

·
Mulai Lusa, Pengambilan Dokumen Kependudukan di Loket Paten Kecamatan
Kepala Disdukcapil Aceh Tamiang, Drs. Sepriyanto. Foto : Hendra.

ACEH TAMIANG - Dalam rangka memudahkan pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Pemkab Aceh Tamiang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) membuat terobosan dengan mengalihkan pengambilan dokumen kependudukan di loket Pelayanan Administrasi Terpadu (Paten) Kecamatan.

"Mulai Selasa (7/7/2020) lusa, bagi masyarakat yang hendak mengambil dokumen kependudukan seperti KTP Elektronik, kartu keluarga, KIA, surat pindah, akta-akta dan lainnya, dapat diambil melalui loket Paten di masing-masing Kecamatan sesuai alamat yang tercantum pada dokumen," kata Kepala Disdukcapil Aceh Tamiang, Drs. Sepriyanto kepada Kabar Tamiang, Minggu (5/7/2020).

Menurutnya, pengambilan dokumen kependudukan pada loket Paten Kecamatan dilakukan pada hari dan jam kerja dan juga diikuti dengan prosedur yang berlaku. Pemilik dokumen wajib menyerahkan tanda terima pendaftaran kepada petugas layanan Paten.

"Pengambilan dokumen kependudukan di loket Paten Kecamatan tidak dipungut biaya (gratis) dan bagi masyarakat yang melakukan pendaftaran secara online, diwajibkan membawa berkas persyaratan pendaftaran pada saat pengambilan dokumen di Paten kecamatan," jelasnya.

Sepriyanto menambahkan pengalihan pengambilan dokumen Adminduk ini, terlaksana atas dukungan dan bantuan dari para camat dan tim Paten Kecamatan. Pengalihan ini juga bertujuan untuk menghindari berkumpulnya warga dalam jumlah yang banyak pada waktu yang bersamaan. "Dengan pengalihan ini, masyarakat dapat segera mendapatkan dokumen adminduk tanpa harus mendatangi dan mengantri di kantor  Disdukcapil Aceh Tamiang," ujarnya.

Untuk memastikan kesiapan dokumen, kata Sepriyanto, masyarakat dapat menghubungi nomor layanan atau pengaduan Disdukcapil Aceh Tamiang di nomor 08116873022 atau 0811687322. "Untuk proses persiapan pengalihan ke loket paten kecamatan, pelayanan pengambilan dokumen adminduk di kantor Disdukcapil Aceh Tamiang untuk besok, Senin (6/7/2020) ditiadakan," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Sepriyanto juga berharap, dukungan masyarakat, jika dalam proses pembuatan dan pengambilan dokumen adminduk, masih ada oknum nakal yang meminta sejumlah uang atau melakukan pungutan liar (Pungli) untuk pengurusan dokumen kependudukan, maka jangan ragu untuk segera melaporkan kepada pihak yang berwenang.

Selain ke kepolisian, laporan atau aduan bisa disampaikan melalui nomor pengaduan Disdukcapil Aceh Tamiang. "Pembuatan dan pengambilan dokumen adminduk seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), maupun akte kelahiran tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis," ujar Sepriyanto. (Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...