Topik

Panwaslih Aceh Tamiang Verifikasi Faktual Data Pemilih

Panwaslih Aceh Tamiang Verifikasi Faktual Data Pemilih
Staf Panwaslih Aceh Tamiang melakukan uji letik Faktual Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Bulan Juli Tahun 2021 di Kampung Ingin Jaya. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang melaksanakan Uji Petik Faktual Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Bulan Juli Tahun 2021 di kecamatan Rantau, Selasa (10/8/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menindak lanjuti edaran Bawaslu Republik Indonesia dan Surat Ketua Panwaslih Provinsi Aceh terkait dengan intruksi Pelaksanaan Pengawasan Daftar Pemilih Berkerlanjutan.

Uji petik DPB Bulan Juli kali ini dilakukan sebanyak 10 pemilih, 7 pemilih baru yang berada di Kecamatan Rantau dan 3 pemilih yang sudah meninggal dunia diantaranya berada di Kecamatan Karang Baru, Kejuruan Muda serta Kecamatan Tamiang Hulu.

Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubal Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Lindawati kepada Kabar Tamiang mengatakan, hari ini kita laksanakan uji petik sebanyak 7 pemilih yang berada di 3 desa di Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang.

“Uji petik dilaksanakan di Kampung Alur Manis, Desa Ingin Jaya, Benua Raja Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang, jadi ada sekitar 7 Pemilih yang kita lakukan uji petik pada hari ini,” ujar Lindawati.

Lindawati menambahkan dalam pelaksanaan uji petik kali ini Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang tidak menemukan kendala dilapangan, aparat Desa memberikan informasi dan pemilih yang dituju juga berhasil kita temui.

“Alhamdulillah perangkat Desa memberikan informasi yang kita butuhkan, dan jugaPemilih Baru yang terdaftar sebagaimana hasil rapat pleno DPB bulan Juli juga bisa ketemu langsung, dan bisa mencocokkan data yang ada,” tambah Lindawati.

Uji petik dilakukan berdasarkan data hasil rapat koordinasi KIP Kabupaten Aceh Tamiang setiap bulannya, dan kita juga akan melakukan verifikasi administrasi secara langsung terhadap pemilih yang bersangkutan dengan data yang diberikan oleh KIP tersebut.

Sementara itu Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Imran SE menyebutkan bahwa pihaknya sudah melakukan 2 kali uji petik Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).

“Ia, kita sudah 2 kali melaksanakan uji petik, diantaranya uji petik bulan Juni dan uji petik bulan Juli, kita memverifikasi apakah data DPB secara faktual sesuai atau tidak dengan fakta dilapangan, misal didalam data DPB si A tertulis meninggal, apa fakta dilapangan benar atau tidak,” ujar Imran. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...