Topik

Panwaslih Atam Tolak Laporan Zainur Rusdi Soal Dugaan Pelanggaran Administrasi Caleg PKS

·
Panwaslih Atam Tolak Laporan Zainur Rusdi Soal Dugaan Pelanggaran Administrasi Caleg PKS
Sidang putusan ajudikasi penanganan pelanggaran administrasi pemilu dengan pelapor Zainur Rusdi. Foto : Hendra.

ACEH TAMIANG - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Tamiang menolak laporan Caleg PKB  Nomor Urut 7 Dapil III, Zainur Rusdi, yang melaporkan caleg PKS, Muhammad Saman karena dianggap belum mengundurkan diri sebagai Da'i kecamatan saat mendaftar sebagai Calon Legislatif.

Penolakan laporan tersebut tertuang dalam sidang putusan ajudikasi penanganan pelanggaran administrasi pemilu yang dibacakan secara terbuka oleh majelis pemeriksa yang diketuai Ferry Irawan Nasution, SH dibantu anggota majelis pemeriksa, Imran, SE diruang sidang Panwaslih Aceh Tamiang, pada Senin, 27 Mei 2019.

“Menyatakan menolak laporan pelapor untuk seluruhnya dan  menyatakan terlapor Muhammad Saman, S.Pd, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan pelanggaran Administrasi Pemilu, sebagaimana tertuang dalam pasal 240 huruf k UU 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Jo. Pasal 7 Ayat (1) huruf N dan PKPU No. 20 Tahun 2018 tentang pencalonan Anggota DPR, DPR Provinsi, DPD, dan DPR Kabupaten Kab/Kota," kata Ferry Irawan Nasution.

Pantauan Kabar Tamiang, sidang pembacaan putusan ini, turut dihadiri oleh Zainur Rusdi sebagai pelapor, Dodi Candra sebagai kuasa hukum terlapor dan Muhammad Saman sebagai terlapor. 

Di akhir sidang, Zainul Rusdi sempat menyatakan akan menyampaikan keberatan kasus ini ke Bawaslu RI di Jakarta. Panwaslih Aceh Tamiang akan memberi waktu tiga hari kerja sejak putusan dikeluarkan bagi pelapor, Zainur Rusdi untuk mengajukan keberatannya ke Bawaslu RI. (Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...