Topik

Pelaku Penggelapan Mobil Rental Ditangkap, 25 Unit Kendaraan Disita

·
Pelaku Penggelapan Mobil Rental Ditangkap, 25 Unit Kendaraan Disita
Tersangka penggelapan mobil rental Martonis alias Tonis (baju orange). Foto : Hendra

ACEH TAMIANG - Polres Aceh Tamiang mengungkap kasus penggelapan mobil rental yang dilakukan oleh seorang pedagang. Hasil pengungkapan tersebut petugas mengamankan 25 unit mobil sebagai barang bukti.

Pelaku bernama Martonis alias Tonis Bin Insya (43) warga Kampung Bukit Tempurung Kecamatan Kota Kualasimpang, diciduk dari rumahnya, Senin (31/12/2018) sore berdasarkan laporan Ismawati (40). Kejahatan ini dilakukan tersangka dengan modus sebagai penyewa mobil.

"Pada 20 Desember 2018 tersangka datang ke rumah korban untuk merental mobil korban selama tujuh hari," kata Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian, didampingi Kasat Reskrim Iptu Dimmas Adhit Putranto kepada sejumlah wartawan, Kamis (3/1/2019).

Namun tanpa sepengetahuan korban, mobil Toyota Avanza BK 1707 NJ milik korban digadaikan tersangka kepada Marwan Ishak alias Ridwan (32) warga Kampung Seunebok Rawang, Peureulak, Aceh Timur seharga Rp 30 juta.

Kapolres menjelaskan, pihaknya sempat memburu tersangka ke Aceh Timur dan menemukan mobil korban sudah ditinggalkan di pinggir jalan Kampung Alur Nirih, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur dalam kondisi pintu terkunci. Dalam kasus ini, Martonis sudah ditetapkan sebagai tersangka penggelapan.

AKBP Zulhir Destrian juga menyebut ada puluhan mobil yang mereka amankan terkait dugaan kejahatan yang dilakukan Martonis. "Sejak tersangka ditangkap, kami banyak menerima laporan masyarakat yang mengaku menjadi korban kejahatan tersangka," kata Zulhir.

Barang bukti berupa 25 unit mobil rental hasil penggelapan yang diamankan Polres Aceh Tamiang. Foto : Hendra

Sejauh ini, tercatat 25 unit mobil yang diamankan dan seluruhnya sudah diparkirkan di halaman Mapolres Aceh Tamiang. Dalam pemeriksaan, tersangka mengaku sudah berulang-ulang melakukan kejahatannya. Umumnya mobil para korban digadai dengan kisaran harga Rp 25 juta hingga Rp 30 juta.

Dalam kasus penggelapan mobil rental tersebut, Polres Aceh Tamiang juga menetapkan Ridwan (32) warga Kecamatan Peureulak Timur, Aceh Timur, sebagai tersangka. Karena Ridwan berperan sebagai penampung dan mencari orang untuk menerima mobil yang digadai oleh tersangka Martonis.

Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara empat tahun kurungan.

Pada kesempatan tersebut Kapolres meminta kepada para pemilik mobil rental yang merasa mobilnya hilang agar datang ke Polres Aceh Tamiang dan membawa kelengkapan surat supaya mobilnya bisa diambil kembali. Dengan terungkapnya kasus penggelapan mobil tersebut, pihaknya mengimbau kepada para pemilik mobil rental ke depan agar lebih berhati-hati memberikan mobil untuk dirental, khususnya untuk orang yang tidak dikenal.(Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...