Topik

Pemerintah Aceh Harapkan Dana Otsus Diperpanjang

·
Pemerintah Aceh Harapkan Dana Otsus Diperpanjang
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat bertemu dengan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin di Senayan. Foto : Ist

JAKARTA - Pemerintah Aceh mengharapkan kepada tim pemantau otonomi khusus (otsus) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) memperpanjang dana otsus untuk seterusnya.

"Kami berharap dana otsus diperpanjang untuk seterusnya. Dana otsus ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh," kata Gubernur Aceh Nova Iriansyah dilansir dari Antara.

Gubernur Aceh menyebutkan harapan tersebut disampaikan pada pertemuan dengan Wakil Ketua DPR-RI M Azis Syamsuddin di Gedung Nusantara III DPR-RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (15/12).

Nova Iriansyah mengatakan jumlah dana otsus yang diminta diperpanjang tersebut sebesar dua persen dari dana alokasi umum (DAU) nasional. Permintaan perpanjangan dana otsus mengingat tingkat kemiskinan di Aceh masih tinggi.

Gubernur mengatakan kemiskinan di Aceh terjadi sejak konflik bersenjata. Awalnya pada 2000 mencapai 15,30 persen dan terus meningkat hingga 29,80 persen pada 2002. "Setelah hadirnya dana otsus di Aceh, angka kemiskinan mengalami penurunan hingga 15,32 persen. Sementara angka pengangguran menjadi 6,20 persen dibandingkan 2005 mencapai 12,5 persen." kata Gubernur Aceh.

Nova Iriansyah memaparkan total dana otsus yang sudah dianggarkan Rp88,7 triliun. Dana tersebut digunakan untuk infrastruktur Rp35,9, pemberdayaan ekonomi Rp10,26 triliun. Kemudian, pengentasan kemiskinan Rp4,94 triliun, pendidikan Rp15,3 triliun, sosial Rp2,58 triliun, kesehatan (Rp10,21 triliun, dan keistimewaan Rp1,66 triliun.

Dana otsus telah mendorong Aceh keluar dari titik minus kembali ke titik nol. Maka, untuk memasuki tahapan pembangunan berikutnya dibutuhkan dana otsus abadi, agar Aceh terus bergerak dari titik nol menuju positif, kata Nova Iriansyah.

"Oleh karena itu, kami mengharapkan pemerintah pusat memperkuat otonomi khusus dengan memperpanjang dana otsus guna mewujudkan perdamaian yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Gubernur Aceh Nova Iriansyah. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...