Topik

Pemerintah Aceh Harus Berani Mengambil Langkah Lockdown

·
Pemerintah Aceh Harus Berani Mengambil Langkah Lockdown
Gambar Ilustrasi. Foto : Ist

Oleh: Muhammad Chaidir,Mahasiswa UIN Ar-Raniry asal Lhoksukon

Seperti yang kita ketahui saat ini penyebaran covid-19 diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19. Tak terkecuali indonesia, di Indonesia sendiri kasus covid19 sudah mulai tersebar ke berbagai daerah. Namun sebelumnya, patut kita berikan apresiasi terhadap pemerintah yang saat ini terus bekerja dan mengawasi serta memfasilitasi dalam menangani dan melaporkan korban dari virus ini, akan tetapi belum ada kebijakan yang kongkrit dari pemerintah Aceh.

Namun yang ingin kita garis bawahi bahwa disaat covid-19 terus berkembang kenapa pemerintah Indonesia khususnya Aceh sampai saat ini belum memberlakukan sistem lockdown dan malah melarang daerah-daerah lain untuk melakukan lockdown. Jika dilihat covid-19 ini terus bertambah di indonesia yang saat ini sudah mencapai 1790 pasien, jumlah pasien yang sembuh mencapai 112 orang dan yang meninggal mencapai 170 jiwa serta di Aceh sendiri telah dinyatakan positif 5 orang, dan 2 orang meninggal.

Jika permasalahanya karena menimbang perekonomian masyarakat, lalu untuk apa rakyat disuruh untuk melakukan social distancing, memberlakukan jam malam serta menutup warung-warung kopi, dan berdiam diri dirumah.

Kita tidak bisa hanya dengan social distancing dan berharap masyarakat untuk duduk berdiam diri dirumah lalu bagaimana perekonomian dapat berjalan jika tidak ada transaksi antara pedagang dan pembeli, jika mengandalkan teknologi sekali pun tidak semua masyarakat memiliki dan bisa dalam menggunakannya justru ini akan mempersulit perekonomian dan kebutuhan masyarakat itu sendiri, tidak semua nya kita yang berada di negara ini mampu secara eknomi.

Banyak dari mereka yang biaya hidupnya bergantung daripada bekerja harian, ini juga harus di perhatikan oleh pemerintah dan Pemprov Aceh sudah saat nya mengambil opsi untuk menerapakan sistem lockdown, mengingat jumlah yang terpapar oleh covid19 tiap hari nya terus bertambah.

Jika di biarkan maka ini akan menjadi persoalan besar dan semakin sulit untuk di tanguhkan khusunya di Aceh yang belum separah seperti daerah lain, lockdown bukan berarti harus bersifat nasional bahkan dalam lingkup kelurahan ,kecamatan, itu bisa di lakukan jadi untuk lockdown sebenarnya kita tidak harus menunggu instruksi dari pusat.

Kenapa kita harus melakukan lockdown yaitu untuk memutus rantai persebaran covid-19, memperlambat laju kurva epidemiologis, dengan kata lain, kita bisa lebih fokus dalam hal penanganan covid-19.

Sehingga dapat memberikan waktu bagi sistem kesehatan agar bisa menampung semua orang yang membutuhkan perawatan, jadi kita hanya fokus daripada masalah dari dalam saja, dan tidak perlu terlalu khawatir akan masuk nya kembali virus itu dari luar karena sistem masuk telah kita tutup, jadi yang kita stop itu adalah keluar masuk nya orang atau perpindahan orang dari satu daerah ke daerah yang lain.

Akan tetapi untuk barang-barang seperi bantuan logistik dan obat-obatan tetap dibiarkan masuk dan ketika lockdown kita berlakukan, layanan penting seperti rumah sakit, apotik, supermarket, serta pasar juga akan tetap di buka dengan beberapa peraturan tertentu, tergantung seberapa besarnya persebaran covid-19 di daerah tersebut dan sepertinya beberapa kabupaten/ kota maupun provinsi di Indonesia masih bisa dilakukan, khususnya di Aceh.

Dan untuk menerapkan lockdown yang paling penting kita harus mempunyai data, yang menyangkut dimana saja wilayah yang terdapat persebaran covid-19 paling banyak, maka wilayah itu yang harus di dahulukan untuk melalukan lockdown akan tetapi alangkah baik nya daerah-daerah yang belum terpapar covid19 untuk berjaga-jaga dengan menerapkan sistem lockdown atau membatasi untuk melindungi wilayahnya dari covid19.

Maka untuk itu kita berharap kepada pemerintah, untuk meninjau kembali dalam pengambilan opsi lockdown sebelum semuanya terlambat kita sudah terlambat dalam mengantisipasi setidaknya kita tidak terlambat dalam hal menangani, sudah saat nya kita mengambil langkah lockdown sebelum virus tersebut menyebar ke seluruh indonesia.

Sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus membantu pemerintah dengan memberikan gagasan/ide atau kritik yang membangun mengenai kebijakan yang di berlakukan. Untuk teman-teman yang tidak memiliki keperluan yang mengharuskan untuk keluar rumah sebaiknya tetap berada dirumah ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati Karena ini bukan hanya persoalan pemerintah melainkan persoalan kita bersama. (***)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...