Topik

Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan Jatuh pada Selasa 13 April 2021

·
Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan Jatuh pada Selasa 13 April 2021
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto : Ist

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa 13 April 2021. Keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang isbat penentuan awal puasa di Kementerian Agama, Jakarta.

"Tanpa ada perbedaan dan bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada tanggal 13 April 2021 atau bertepatan dengan Hari Selasa besok pagi. Malam ini bisa Sahur, subuh makan sahur," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kementerian Agama, Senin (12/4/2021).

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam Agus Salim mengatakan, sidang isbat yang digelar secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

"Tahap kedua, sidang isbat awal Ramadan yang akan digelar setelah Salat Magrib. Tahap ini digelar secara tertutup," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/4/2021).

Kemudian di tahap ketiga,  jumpa pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan TVRI, RRI, dan Medsos Kemenag. Dia menambahkan, jumpa pers ini akan disiarkan daring dengan alasan mencegah kerumunan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sidang dihadiri sejumlah pihak di antaranya Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, MUI, BMKG dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG) hingga Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB). Sejumlah ormas Islam juga hadir seperti NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah. Sejumlah duta besar negara sahabat juga diundang.

Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadan 1442 H di 86 lokasi dari 34 provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat. (**)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...