Topik

Pemkab Aceh Tamiang Laksanakan Penyusunan RAD TPB SDG's

·
Pemkab Aceh Tamiang Laksanakan Penyusunan RAD TPB SDG's
Bupati Aceh Tamiang saat membuka acara penyusunan RAD TPB (SDG's). Foto : Hendra.

ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) melaksanakan penyusunan Dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau yang sering disebut Sustainable Development Goals (SDG's) yang dilaksanakan di Aula Setdakab, Selasa (28/8/2018).

Kepala Bapedda Aceh Tamiang Ir.Adi Darma, M.Si dalam laporannya mengatakan penyusunan RAD-TPB (SDG's) Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2018 diselenggarakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Tujuan dilaksanakan penyusunan RAD-TPB (SDG's) Kabupaten Aceh Tamiang, yaitu sebagai panduan yang jelas, operasional dan selaras dengan kebijakan nasional dan daerah, untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Aceh Tamiang dengan arah kebijakan pembangunan provinsi Aceh dan nasional serta bertujuan untuk merumuskan indikator dan target kinerja program dan kegiatan prioritas guna pencapaian TPB/SDG's ," ujar Adi Darma.

Bupati Aceh Tamiang H.Mursil, SH, M.Kn dalam sambutannya mengatakan TPB/SDG's merupakan penyempurnaan dari tujuan pembangunan Milenium (Millennium Development Gols) yang lebih komprehensif dengan melibatkan banyak negara, baik negara maju maupun berkembang, memperluas sumber pendanaan, menekankan pada hak asasi manusia, inklusif dengan perlibatan ormas, media, filantropi, pelaku usaha, akademisi dan pakar.

TPB/SDG's merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya mensejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan diantaranya tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kesetaraan gender, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan lainnya.

"Pihaknya berharap, kegiatan Rencana Aksi Daerah (RAD) ini harus benar-benar memberikan manfaat dan nilai tambah bagi aparatur perencanaan dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan yang efektif, efisien, terukur dan implementatif," harap Bupati Mursil.(Hen).

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...