Topik

Permudah Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Pemkab Aceh Tamiang Luncurkan Aplikasi 'Tamiang Pande'

·
Pemkab Aceh Tamiang Luncurkan Aplikasi 'Tamiang Pande'
Masyarakat Aceh Tamiang sedang membuka aplikasi Tamiang Pande. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Pemkab Aceh Tamiang melalui dinas terkait meluncurkan aplikasi ''Tamiang Pande'', sebuah aplikasi berisi manajemen pendidikan untuk mengatasi kendala belajar dimasa pandemi Covid-19. Aplikasi ini memadukan konsep teknologi ke dalam proses Pembelajaran Sekolah Jarak Jauh (PSJJ) di masa pandemi Covid-19.

Aplikasi "Tamiang Pande" ini secara resmi diperkenalkan Bupati Aceh Tamiang, Mursil kepada seluruh jajaran SKPK, Selasa (6/10/2020) dan peluncuran aplikasi ini ditandai dengan suara sirine di aula Setdakab setempat, sebagai pertanda resminya launching aplikasi tersebut.

Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil mengatakan, kewajiban melakukan proses belajar dari rumah selama masa Pandemi Covid-19, menjadi satu kebijakan bagi semua penyelenggara pendidikan di Indonesia. “Kondisi ini akhirnya mengharuskan pemerintah, khususnya Pemkab Tamiang mengambil langkah merumuskan sebuah inovasi dalam bidang pendidikan,” ujarnya.

Inovasi ini lanjut Mursil, untuk mengatasi kendala belajar selama masa pandemi berbentuk aplikasi e-Learning “Tamiang Pande” berbasis android yang akan mejawab semua permasalahan dan kendala yang dihadapi orang tua, guru dan siswa.

“Saya berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kadis Kominfo Aceh Tamiang beserta tim hebatnya yang melahirkan inovasi dalam mengatasi pembelajaran secara daring yang memiliki banyak kendala,” ujarnya.

Bupati berharap aplikasi e-Learning ini menjadi langkah yang tepat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Aceh Tamiang dan membangun kecerdasan masyarakat.

“Bukan main-main, aplikasi e-Learning terpadu berbasis android dan IOS ini merupakan pertama di Aceh, didalamnya terdapat menu video manajemen sistem, ujian online dan informasi terpadu mengenai perkembangan pendidikan di Aceh Tamiang," ujar Mursil bersemangat.

Pada kesempatan tersebut, Mursil juga mengajak warga Aceh Tamiang untuk mendownload aplikasi tersebut di play store pada android masing-masing. “Buka play store, kemudian ketik “e-Learning Tamiang Pande” pada kolom search setelah muncul iconnya, tinggal klik instal. Secara otomotis aplikasi akan terpasang di smartphone,” pandu Bupati. (Aliyandi)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...