Topik

Pemkab Atam Buka Seleksi P3K Guru Tahun 2021, Ini Jadwalnya

Pemkab Atam Buka Seleksi P3K Guru Tahun 2021, Ini Jadwalnya
Kabid Pembinaan dan Pengembangan pada BKPSDM Kabupaten Aceh Tamiang, Yusroji. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Guru bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah atau saat ini sedang mengajar di sekolah - sekolah yang ada di Pemkab Aceh Tamiang (Atam) dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri maupun Swasta bisa tersenyum senang.

Pasalnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2021 ini telah mengalokasikan dan akan melakukan seleksi terhadap guru non PNS menjadi Pegawai Kontrak dengan Perjanjian Kerja (P3K) di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Aceh Tamiang.

Bahkan, pemkab Aceh Tamiang juga di kabarkan mendapatkan alokasi untuk membuka seleksi Pegawai Kontrak dengan Perjanjian Kerja (P3K) umum, atau non guru, dan juga membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk beberapa formasi.

Hal tersebut di benarkan oleh Kabid Pembinaan dan Pengembangan pada BKPSDM Kabupaten Aceh Tamiang, Yusroji. Namun demikian, Yusroji belum dapat menjelaskan secara lengkap berapa alokasi keseluruhannya serta berapa jumlah formasi pastinya yang akan di buka di Kabupaten Aceh Tamiang nantinya.

Sebab menurutnya, saat ini pihaknya belum menerima surat keputusan resmi dari pihak Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), terkait alokasi yang diberikan, kendati pihaknya telah menyerahkan laporan usulan formasi serta jumlah PNS, P3K non guru, dan P3K khusus guru yang di butuhkan untuk Kabupaten Aceh Tamiang.

"Di 2021 ini Kabupaten Aceh Tamiang tetap akan membuka formasi CPNS. Termasuk formasi untuk P3K umum dan P3K khusus Guru," kata Yusroji kepada Wartawan, baru-baru ini.

Kepastian tersebut, dikatakan Yusroji berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilakukan pihak BKPSDM Kabupaten Aceh Tamiang, dan seluruh BKPSDM Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia dengan MENPAN-RB pada pekan lalu.

Selain belum menerima surat keputusan resmi dari MENPAN-RB, ia menyebutkan, jika pihaknya beserta pemerintah daerah setempat sendiri saat ini juga tengah melakukan proses penyusunan dan penghitungan jumlah anggaran yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan nantinya.

"Jika semua anggaran untuk pelaksanaan seleksinya sudah dapat terakomodir pada APBK 2021, barulah berani kami sampaikan secara resmi. Kalau ini belum bisa," katanya.

Saat ini, kata Yusroji, yang dapat diberikan oleh pihaknya hanyalah jadwal pelaksanaan seleksi untuk CPNS, P3K Umum, dan P3K khusus Guru yang telah dikeluarkan pihak MENPAN-RB. "Jika merujuk jadwal pelaksanaan seleksi berdasarkan jadwal dari MENPAN-RB, pelaksanaan seleksi CPNS sudah mulai dilaksanakan di akhir bulan Mei hingga Desember 2021 mendatang," jelasnya.

Dan diperkirakan jadwal tersebut, mulai dari pengumuman seleksi, pendaftaran seleksi, hingga seleksi administrasi dan pengumuman hasilnya, akan dilaksanakan sejak tangga 13 Mei 2021 hingga 30 Juni 2021.

Kemudian, pada 1 Juli hingga September 2021, masuk jadwal masa sanggahan dan pelaksana Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS berbasis computer assisted test (CAT).  "Sedangkan jadwal seleksi kemampuan bidang (SKB) CPNS hingga pengumuman kelulusan di jadwalkan pada September hingga November 2021," ujarnya.

Yusroji menambahkan, untuk jadwal seleksi P3K non guru diperkirakan akan dilaksanakan dari rentang waktu Juni hingga September 2021. "Atau setelah selesai dilakukan jadwal seleksi pada tahapan SKD CPNS di masing-masing lokasi," katanya.

Sedangkan untuk seleksi P3K guru, Yusroji menjelaskan, tes atau seleksi di lakukan menjadi tiga tahapan. Masing-masing tahapan dilaksanakan di bulan yang berbeda. Tahap satu dilaksanakan di bulan Agustus 2021, tahap dua di bulan Oktober 2021, dan tahap terakhir atau ketiga dilaksanakan pada September 2021.

"Khususnya untuk P3K guru, seleksi langsung dilakukan oleh pihak Kemendikbud, tidak lagi oleh daerah. Tugas daerah hanya mengeluarkan SK dan nomor induk P3K saja terhadap peserta yang nantinya telah dinyatakan lulus oleh pihak Kementrian," ujarnya. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...