Topik

Pemprov Aceh Godok Prosedur Pemeriksaan Corona Gratis bagi Masyarakat

·
Pemprov Aceh Godok Prosedur Pemeriksaan Corona Gratis bagi Masyarakat
Gambar Ilustrasi. Foto : Ist

BANDA ACEH - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh menggodok prosedur pemeriksaan virus corona gratis bagi masyarakat yang membutuhkan surat keterangan sehat. Selama ini, pemeriksaan mandiri dikenai biaya Rp 1,5 juta untuk melakukan swab test.

"Pemerintah Aceh masih menggodok prosedur pemeriksaan virus Corona secara gratis kepada masyarakat Aceh, khususnya pemeriksaan untuk kebutuhan administratif," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, Rabu (3/6/2020).

Saifullah menjelaskan, pemeriksaan untuk kebutuhan administratif adalah seseorang ingin mendapatkan surat keterangan bebas Corona yang dipakai untuk melakukan perjalanan, administrasi pendidikan, atau kebutuhan administratif lainnya. Tim gugus tugas saat ini sedang berkoordinasi dengan 13 rumah sakit rujukan serta Balitbagkes di Aceh Besar.

Nanti setelah aturan digodok, masyarakat Aceh yang ingin membutuhkan surat bebas Corona tinggal datang ke rumah sakit.

Menurut Saifullah, koordinasi dengan berbagai pihak dilakukan agar jadwal pemeriksaan, prosedur, serta durasi waktu mendapatkan hasil harus sinkron dengan semua institusi pelayanan. "Semua harus terkoordinasi dan kita persiapkan dengan sebaik-baiknya, agar masyarakat tidak kecewa," ujar Saifullah.

Sementara itu, pemeriksaan Corona untuk kebutuhan medis, jelas Saifullah, tidak dipungut biaya sejak dulu. Pemeriksaan medis yang dimaksud adalah pemeriksaan terhadap orang yang dicurigai mempunyai gejala COVID-19. "Sedangkan pemeriksaan untuk kebutuhan medis orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan pasien positif COVID-19, memang tidak dipungut biaya," ujarnya.

Hingga sore kemarin, jumlah kasus positif Corona di Aceh berjumlah 20 orang. Rinciannya, 17 orang dinyatakan sembuh, 1 meninggal, dan 2 orang dirawat di rumah sakit rujukan. (**)

Sumber : Detikcom

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...