Topik

Pemprov Aceh Klaim Angka Positif Corona Melonjak karena Pelacakan Masif

·
Pemprov Aceh Klaim Angka Positif Corona Melonjak karena Pelacakan Masif
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP), Saifullah Abdulgani. Foto : Ist

BANDA ACEH - Kasus positif Corona di Aceh melonjak dalam dua pekan terakhir. Pemerintah Provinsi (Pemprov) menyebut kenaikan terjadi karena tim Satgas COVID-19 melakukan pelacakan secara masif terhadap kontak erat pasien yang lebih dulu positif COVID-19.

"(Lonjakan) hasil tracing terhadap kasus-kasus COVID sebelumnya," kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, saat dimintai konfirmasi, baru-baru ini.

Setiap ada kasus positif baru, katanya, tim dari Satgas COVID-19 bakal melakukan swab terhadap semua kontak erat pasien. Dari hasil swab tersebutlah kasus-kasus baru ditemukan. "Hasil swab tersebut ditemukan satu-dua kasus baru lagi dan begitu seterusnya," jelas Saifullah.

Sebelumnya, kasus positif Corona di Aceh bertambah 869 orang dalam delapan hari terakhir sehingga totalnya 2.891. Pasien meninggal juga mengalami peningkatan menjadi 98 orang. Sedangkan pasien sembuh tidak mengalami penambahan masih 700 orang.

DPR Aceh meminta Pemprov melakukan tes swab massal kepada seluruh warga Aceh. Hal ini disebut dapat mempermudah pelacakan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di Tanah Rencong.

"Langkah taktis pertama yang harus dilakukan adalah melakukan tes swab massal secara menyeluruh agar kita dapat memutuskan mata rantai penyebaran. Setelah tes bisa dilakukan tracing untuk diambil kebijakan pemutus mata rantai penyebaran," kata Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin, Senin (14/9). (**)

Sumber : Detikcom

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...