Topik

Pemprov Aceh Salurkan Bantuan Dampak COVID ke 1.094 Pelajar di Perantauan

·
Pemprov Aceh Salurkan Bantuan Dampak COVID ke 1.094 Pelajar di Perantauan
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto. Foto : Ist

BANDA ACEH - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh menyalurkan bantuan sosial dampak COVID-19 ke 1.094 pelajar Tanah Rencong di perantauan. Bantuan diberikan sebesar Rp 1 juta untuk pelajar dalam negeri, dan Rp 2,5 juta bagi pelajar di luar negeri.

"Bantuan sosial dampak COVID-19 dari Pemerintah Aceh telah diserahkan kepada 1.094 pelajar asal Aceh, yang saat ini sedang menimba ilmu baik di luar negeri maupun di provinsi lain di Indonesia," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto dalam keterangannya, Rabu (10/6/2020).

Para pelajar Aceh yang telah menerima bansos tersebar mulai dari Medan, Padang, Jakarta, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, Malang, serta sejumlah provinsi lainnya. Sedangkan pelajar Aceh di luar negeri, tersebar di Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Sudan, Iran, Belanda, India, Inggris, dan sejumlah negara lainnya.

Iswanto menyebutkan, Pemerintah Aceh telah menerima berkas pengajuan bansos dari 1.369 pelajar. Namun setelah diverifikasi, hanya 1.094 berkas yang memenuhi syarat sehingga dapat disalurkan bantuan.

"Sebanyak 118 calon penerima tidak lengkap bahan karena berbagai alasan, bisa karena buku bank yang tidak terbaca di sistem atau karena buku bank yang beda dengan nama pemohon. Sedangkan 157 berkas yang ditolak karena tidak memenuhi syarat. Bisa saja yang bersangkutan berstatus Pegawai Negeri Sipil, dosen atau tidak ber-KTP Aceh," jelas Iswanto.

Pemberian bansos yang bersumber dari APBA 2020, kata Iswanto, merupakan bentuk kepedulian dan perhatian pemprov terhadap para pelajar Aceh yang masih bertahan di perantauan. Mereka belum dapat kembali ke kampung halaman akibat pandemi COVID-19.

Pemerintah Aceh meminta para pelajar menggunakan dana tersebut dengan baik. Iswanto menyebutkan, bantuan uang diterima berbeda antara pelajar di dalam negeri dengan di luar negeri.

"Pelajar asal Aceh yang berkuliah di provinsi lain di luar Aceh akan mendapatkan bantuan sosial maksimal sebesar Rp1 juta. Sedangkan untuk pelajar Aceh yang berkuliah di luar negeri, bantuan sosial yang diberikan maksimal sebesar Rp2,5 juta," ujar Iswanto. (**)

Sumber : Detikcom

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...