Topik

Pemuda Ini Raup Puluhan Juta dari Usaha Jual Beli Domba

·
Pemuda Ini Raup Puluhan Juta dari Usaha Jual Beli Domba
Pemilik peternakan domba, Heru. Foto : Yudi.

ACEH TAMIANG - Aroma khas langsung menusuk hidung saat memasuki lahan seluas 200 meter persegi tersebut. Tampak bangunan terbuat dari kayu berjajar rapi di situ.

Bangunan tersebut terdiri dari 6 sekat. Setiap sekat berukuran 1,5 meter x 3 meter. "Ini kandang domba. Setiap sekat, muat 20 ekor domba," kata Heru, warga Dusun Melur, Desa Bukit Rata, Aceh Tamiang.

Heru adalah pemilik peternakan domba itu. Pekarangan belakang rumah dimanfaatkan sebagai tempat usahanya. Pria berusia 27 tahun ini, memulai usaha ternak domba sejak 2 tahun lalu.

"Awalnya iseng-iseng aja, untuk mengisi waktu. Dari pada melakukan hal-hal yang gak jelas, mending beternak," kata Heru kepada Kabar Tamiang, Sabtu (17/10/2020).

Ia melanjutkan, awal mula usaha penggemukan domba ini, hanya memiliki tiga ekor domba. Berkat ketekunannya, saat ini hewan ternak kepunyaannya berjumlah 48 ekor.

"Setiap usaha harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Tetap semangat dan pantang menyerah," ujarnya.

Ia menyadari betul, setiap bisnis pasti ada resikonya. Begitu juga dengan usaha penggemukan domba ini. "Dukanya kalau ternak kita kena penyakit. Harus dirawat ekstra. Kalau tidak bisa mati," ujar Heru.

"Sukanya ya dapat duit. Karena daging domba kan banyak dicari orang," sambungnya sembari tertawa.

Ia melanjutkan, masalah pakan ternak, tidak ada kendala. Sedangkan bibit domba dibelinya di Stabat, Sumatera Utara. Setelah berumur 8 bulan ke atas, domba-domba tersebut layak untuk dijual.

Peminatnya berasal dari berbagai daerah, seperti Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur bahkan Medan, Sumatera Utara. Pembeli tinggal memilih, mencari domba untuk indukan, anakan, pejantan atau dagingnya.

Harga juga bervariasi, tergantung jenis dan beratnya. Ada yang Rp800 ribu hingga 1,5 juta per ekornya. Biasanya, Heru bisa menjual sebanyak 15 hingga 20 ekor domba tiap bulannya.

Jika di bulan-bulan tertentu, seperti Lebaran Idul Adha, permintaan domba dipastikan akan meningkat. "Lebaran Haji lalu terjual sekitar tigapuluhan ekor," tutup Heru.

Wah, ternyata bisnis ternak domba sangat menguntungkan ya. Berani coba? (Yudi)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...