Topik

Permintaan Rapid Test Antigen Meningkat, Warga Tamiang Dihimbau Tetap Patuhi Protkes

Permintaan Rapid Test Antigen Meningkat, Warga Tamiang Dihimbau Tetap Patuhi Protkes
Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang, Ibnu Azis. Foto : Aliyandi.

ACEH TAMIANG - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru), permintaan Rapid test Antigen kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Tamiang, sebagai syarat untuk bepergian keluar kota untuk liburan dan alasan keperluan lainnya, terus meningkat.

Padalah pemerintah telah menghimbau agar warga membatasi diri untuk liburan keluar kota menjelang akhir tahun untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan jika pun masyarakat tetap berpergian masyarakat mengimbau untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Protkes) atau 3M.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang, Ibnu Azis kepada Kabar Tamiang, Rabu (23/12/2020) mengatakan, dalam tiga hari ini pihaknya telah mengeluarkan ratusaan surat keterangan  rapit tes antigen  bagi warga bepergian keluar kota. “Rata-rata permintaan rapid tes antigen 100 lembar per hari dikeluarkan pihaknya meski banyak permintaan,” ujarnya.

Banyaknya permintaan rapid tes antigen ini disebabkan, provinsi tetangga Sumatera Utara meminta warga yang masuk wilayah Sumut harus mempunyai surat rapid tes antigen. “Kita batasi mengeluarkan surat rapid tes antigen kepada warga, jika warga tersebut tidk penting sekali untuk bepergian keluar Aceh Tamiang,” tambah Kadis lagi.

Ini salah satu upaya Pemkab Aceh Tamiang mencegah penularan Covid-19 di Aceh Tamiang khususnya Aceh, terlebih pemerintah telah menghimbau warga agar banyak berdiam diri di rumah saat liburan akhir tahun.

Sampai saat ini kasus warga yang terapapar Covid-19 di Aceh Tamiang terus menurun bahkan angka kesembuhan Covid-19 mencapai 94 persen, kondisi ini harus dipertahanakan jangan sampai dengan banyaknya warga bepergian keluar daerah atau liburan, usai liburan kasus covid-19 di Aceh Tamiang meningkat.

“Kita tidak inginkan kasus Covid-19 di Aceh Tamiang meningkat, sehingga butuh dukungan semua pihak agar patuh terhadap himbauan pemerintah untuk tidak liburan keluar daerah dan tetap menjalankan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dengan menghindari kerumunan serta meningkatkan imun tubuh,” pungkas Kadis Dinkes Aceh Tamiang, Ibnu Azis. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...