Topik

Pertama di Aceh, Pilot Pimpin Kodim usai Dilantik Danrem 011/Lilawangsa

·
Pertama di Aceh, Pilot Pimpin Kodim usai Dilantik Danrem 011/Lilawangsa
Komandan Korem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Sumirating Baskoro. Foto : Ist

LHOKSEUMAWE - Komandan Korem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Sumirating Baskoro memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) empat pejabat Komandan Kodim (Dandim) TNI dan penerimaan laporan koprapot pejabat Kepala Staf Korem baru. Sertijab dan Koprapot dilakukan secara virtual di masing-masing satuan, dipimpin Danrem dari markasnya di Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (8/8/2020).

Pelantikan kali ini sedikit istimewa, ada satu pilot TNI dari Penerbang Angkatan Darat (Penerbad) diangkat menjadi Dandim, dari empat pejabat Dandim baru di jajaran Korem 011/Lilawangsa. Catatan Korem Lilawangsa, pilot menjadi Dandim adalah pertama di Aceh.

Pilot tersebut adalah Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita, diangkat sebagai Dandim 0117/Aceh Tamiang. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Dansatlatsitor Pusdikpenerbad Puspenerbad. Sementara Dandim lama, Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, akan menempati jabatan baru sebagai Pabandya-4/Pam Faskon Spaban VI/Pam Sintelad.

Dandim 0117 Aceh Tamiang, Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita. Foto : Ist

Tiga pejabat Dandim lainnya yang berganti adalah; Dandim 0102/Pidie yang menempatkan Letkol Arh Teungku Sony Sonata, sebagai pejabat baru menggantikan Letkol Arm Wagino yang akan menempati posisi sebagai Pabandya-1/Dalkuat PNS Spaban VI/Bin PNS Spersad.

Selanjutnya, Letkol Inf Yudhi Hendro Prasetyo menggantikan Letkol Arm Sugiharto, sebagai Dandim 0113/Gayo Lues, yang selanjutnya menjabat sebagai Pabandya-3/Binjementer Spaban II/Puanter Sterad. Terakhir yang dilantik adalah Letkol Inf Teddy Sofyan, sebagai Dandim 0106/Aceh Tengah, yang sebelumnya dijabat oleh Letkol Inf Valyan Tatyunis, selanjutnya akan ditempatkan sebagai Dandim 0119/Bener Meriah.

Selain pelantikan para Dandim, Danrem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Sumirating Baskoro, juga menerima laporan Koprapot warga baru, yaitu Letkol Czi M. Ridha Has, yang akan menjabat sebagai Kepala Staf Korem (Kasrem), yang sebelumnya menjabat sebagai Dandim 0110/Abdya, di bawah Korem 012/Teuku Umar.

Dalam upacara sertijab secara virtual, Kolonel Baskoro, mengatakan pergantian maupun alih tugas dan jabatan serah terima jabatan (sertijab) merupakan bagian pembinaan personel dan organisasi TNI AD yang bergerak semakin cepat.

"Kebijakan pimpinan TNI AD, dalam rangka regenerasi dan tuntutan kebutuhan organisasi, guna mengoptimalkan kemampuan satuan untuk mendukung tugas pokok Korem 011/Lilawangsa," tutur sosok yang lama berkarir di Kopassus.

Baskoro berpesan kepada para pejabat baru agar secepatnya beradaptasi dengan lingkungan yang baru, mengingat pembinaan teritorial masing-masing wilayah memiliki karakteristik dan berbagai keragaman serta kemajemukan, baik dari aspek geografi, demografi maupun kondisi sosial masyarakat.

Selain itu, kata Kolonel Baskoro, saat ini Korem 011/Lilawangsa memiliki program Lilawangsa produktif, melalui peran prajurit TNI yang bertugas sebagai Babinsa diharapkan mampu mengajak masyarakat produktif dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada.

“Tujuannya dapat meningkatkan penghasilan ekonomi dalam kesejahteraan masyarakat di desa binaan masing-masing,” katanya.

Upacara serah terima jabatan Dandim dan Penerimaan laporan Koprapot Kasrem 011/LW, turut dihadiri para Kasi dan Pasi Korem 011/LW, Ketua Persit KCK Koorcab Korem/011 Lilawangsa, Yova Baskoro, serta pejabat lainnya. (**)

Sumber : Kumparan

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...