Topik

Hindari Kerumunan

Peserta Upacara Peringatan HAB ke-75 di Aceh Tamiang Dibatasi

Peserta Upacara Peringatan HAB ke-75 di Aceh Tamiang Dibatasi
Pelaksanaan upacara Peringatan HAB ke-75 digelar sesuai Protokol Kesehatan. Foto : Aliyandi.

ACEH TAMIANG - Dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) pelaksanaan upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 yang digelar oleh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang dilakukan secara sederhana dan sesuai dengan Protokol Kesehatan.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, Fadli mengatakan, tahun ini upacara peringatan HAB ke-75 hanya dihadiri oleh para kepala madrasah, kepala Kantor Urusan Agama (KUA), para pengawas Madrasah, dan para kasie, serta karyawan dan pegawai kantor.

"Ini dikarenakan masih dalam situasi Pandemi Covid-19, sehingga peserta upacara kami batasi," Kata kepala kantor Kemenag Aceh Tamiang, Fadli kepada Kabar Tamiang, usai pelaksanaan upacara, Selasa, (5/1/2021).

Biasanya, kata Fadli, dalam kegiatan upacara dihadiri oleh seluruh karyawan, PNS, dan PDPK dibawah lingkungan kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang tanpa terkecuali.

Menurutnya, pembatasan peserta upacara pada HAB ke-75 ini oleh pihaknya juga mengacu pada surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Agama RI dalam memperingati Hari Amal Bakti ke 75 tahun 2021 dalam masa pandemi Covid-19. "Selain menjalankan aturan dari pemerintah pusat, hal ini dilakukan guna upaya mencegah penyebaran Covid-19," ujarnya.

Kendati digelar secara sederhana, Fadli mengaku tidak mengurangi arti dan makna dalam peringatan HAB itu sendiri, dan dipastikan hal itu pun dapat tersampaikan ke seluruh jajaran Kemenag Aceh Tamiang. "Sesuai dengan tema yang diusung pada HAB ke 75 ini, 'Indonesia Rukun', dan berharap dapat bekerja lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu berharap pandemi Covid-19 cepat berlalu, pihaknya juga berharap agar pelaksanaan haji dapat diberangkatkan pada tahun ini. "Begitu juga dengan pelaksanaan belajar mengajar di Madrasah secara tatap muka," katanya.

Meskipun, kata dia, saat ini pihaknya sudah mulai memberlakukan proses belajar secara tatap muka, namun hal itu baru dilakukan 50 persen. "Artinya, pelaksanaannya baru dilakukan dengan shif, sesuai dengan peraturan bersama 4 menteri," ujarnya.

Amatan Kabar Tamiang dilokasi, upacara peringatan HAB ke-75 digelar sesuai Protokol Kesehatan dan hanya diikuti beberapa karyawan dan pegawai dibawah lingkungan Kemenag Aceh Tamiang. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...