Topik

PM Israel Bertemu Pejabat Mesir, Bahas Gencatan Senjata Permanen di Gaza

·
PM Israel Bertemu Pejabat Mesir, Bahas Gencatan Senjata Permanen di Gaza
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto : Ist

GAZA - Pejabat Israel dan Mesir saling bertemu di negara masing-masing membahas konflik Israel dan Palestina di jalur Gaza. Kedua negara tersebut membahas soal upaya gencatan senjata permanen antara Israel dan kelompok Hamas di Gaza.

Seperti dilansir AFP baru-baru ini, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu dengan kepala intelijen Mesir Abbas Kamel di Yerusalem pada Minggu (30/5) kemarin. Keduanya, menurut kantor Netanyahu, membahas penguatan kerja sama antara negara mereka.

Tak hanya itu, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menugaskan Kamel dan delegasinya, yang juga mengunjungi Wilayah Palestina yang diduduki, untuk membahas kemungkinan gencatan senjata permanen antara Israel dan Palestina.

Pada saat yang sama, Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi melakukan kunjungan resmi pertama ke seorang diplomat tinggi Israel ke negara tetangga Mesir untuk melakukan pembicaraan dengan mitranya Sameh Shoukry.

Ashkenazi mengatakan pertemuan itu juga membahas terkait gencatan senjata permanen dengan Hamas. Tak hanya itu, keduanya juga berbicara soal mekanisme pemberian bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi Gaza pascakonflik

"Membahas pembentukan gencatan senjata permanen dengan Hamas, mekanisme untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi Gaza dengan peran penting yang dimainkan oleh komunitas internasional," ucapnya.

Dia lalu menyerukan upaya untuk mencegah penguatan elemen ekstremis yang mengancam stabilitas regional, dan untuk memastikan pemulangan orang hilang dan tahanan yang ditahan oleh Hamas.

Kementerian luar negeri Mesir mencuit bahwa pembicaraan para menteri sebagai bagian dari upaya tanpa henti Mesir dan melanjutkan upaya untuk menghidupkan kembali jalur perdamaian dan untuk membangun gencatan senjata di Jalur Gaza. (**)

Detikcom
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...