Topik

PPK Bandar Pusaka Gelar Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih

·
PPK Bandar Pusaka Gelar Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih
Kegiatan Bimtek Pantarlih di aula kantor Camat Bandar Pusaka. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Bimbingan Teknis Pemuktahiran Data Pemilih (Bimtek Pantarlih) untuk Panitia Pemunggutan Suara (PPS) dan Petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) se-kecamatan Bandar Pusaka pada Pilpres dan Pileg Tahun 2019.

"Kegiatan Bimtek Pantarlih berlangsung di aula kantor Camat Bandar Pusaka selama sehari dan peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 55 orang, yang terdiri dari 15 PPS dan 40 PPDP ," ujar Ketua PPK Kecamatan Bandar Pusaka, Mukhlisin Syaputra kepada Kabar Tamiang, Rabu (11/4/2018).

Menurutnya, tujuan dari kegiatan Bimtek ini, yakni agar data pemilih benar-benar valid dan anggota PPS serta PPDP memahami tentang Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih.

Tahapan setelah ini PPDP akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dengan cara “door to door” atau mendatangi rumah penduduk.

"PPDP akan mendatangi rumah-rumah penduduk untuk melakukan pengecekan dan pencocokan. Apakah memang benar nama-nama penduduk tersebut masih layak atau masih terdaftar sebagai pemilih di desa itu atau tidak. Karena bisa jadi warga tersebut sudah berpindah domisili atau meninggal. PPDP juga akan menempelkan stiker bagi rumah yang sudah di Coklit,” ujar Mukhlisin Syaputra.

Ia berharap anggota PPDP dapat melaksanakan Coklit dari rumah kerumah sesuai tahapan dan dilaksanakan sebaik mungkin karena validitas data pemilih tergantung pada seberapa baik PPDP melakukan Coklit. "Yang perlu digaris bawahi bahwa setiap penyelenggara pemilu harus mengutamakan netralitas dalam bekerja," pesannya.(Hen).

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...