Topik

Putra Pendiri Taliban Jadi Menteri Pertahanan Afghanistan

·
Putra Pendiri Taliban Jadi Menteri Pertahanan Afghanistan
Foto : Istimewa

KABUL - Kelompok Taliban mengumumkan pemerintahan baru usai menguasai Afghanistan. Salah satu sosok yang menjadi pejabat pemerintahan tersebut yakni putra pendiri Taliban.

Seperti dilansir AFP, Rabu (8/9/2021), Taliban mengumumkan pemerintahan baru mereka pada hari Selasa (7/9) kemarin. Beberapa sosok yang ditunjuk mengisi jabatan dalam pemerintah Afghanistan merupakan daftar hitam PBB.

Tak hanya itu, beberapa di antaranya merupakan orang-orang penting dalam kelompok Taliban. Salah satunya yakni putra pendiri Taliban Mullah Omar yakni Mullah Yaqoob.

Mullah Yaqoob ditunjuk oleh kelompok Taliban sebagai Menteri Pertahanan Afghanistan. Sebelumnya Yaqoob merupakan kepala komisi militer Taliban yang bertugas mengawasi jaringan luas komandan lapangan yang ditugaskan untuk mengekskusi pemberontakan.

Kemudian sosok mencolok lainnya yakni Sirajuddin Haqqani, yang merupakan kepala jaringan Haqqani yang ditakuti dan juga merangkap sebagai wakil Taliban. Sirajuddin aka menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Afghanistan.

Tak lama setelah pengumuman pemerintahan baru itu, Hibatullah Akhundzada, pemimpin tertinggi rahasia Taliban membuat pernyataan pertamanya sejak gerakannya mengambil alih Afghanistan, mengatakan bahwa pemerintah baru akan "bekerja keras untuk menegakkan aturan Islam dan hukum syariah". (**)

DETIK
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...