Topik

Putusan Inkrah, Dosen USK Saiful Mahdi Divonis Tiga Bulan Penjara

·
Putusan Inkrah, Dosen USK Saiful Mahdi Divonis Tiga Bulan Penjara
Foto : Istimewa

BANDA ACEH - Dosen Universitas Syiah Kuala (USK), Saiful Mahdi, bakal menjalani hukuman penjara 3 bulan setelah diputus bersalah dalam kasus UU ITE. Saiful dieksekusi karena putusan hukumnya telah berkekuatan hukum tetap (inkrah).

"Hari ini jam 2 siang kita akan mengantar Bang Saiful ke Kejari Banda Aceh untuk dieksekusi. Keluarga sudah siap untuk dieksekusi. Beliau juga sehat, siap dieksekusi. Tidak ada perlawanan apa pun," kata Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh, Syahrul, yang mendampingi dosen Unsyiah, seperti dikutip dari detikcom, Kamis (2/9/2021).

Syahrul mengatakan putusan kasasi dosen Unsyiah itu diketuk Mahkamah Agung (MA) pada Juni lalu. LBH belum menerima putusan utuh dari MA hanya mendapatkan petikan putusan melalui Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh.

Putusan MA menguatkan putusan PN Banda Aceh. Saiful dinyatakan bersalah terkait UU ITE dan dihukum 3 bulan penjara serta denda Rp 10 juta dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan.

Setelah adanya putusan tersebut, kata Syahrul, LBH selaku kuasa hukum dihubungi jaksa pada Kamis (26/8) terkait proses eksekusi. LBH awalnya meminta eksekusi dilakukan Jumat (3/9).

"Kemudian jaksa mengirim surat meminta eksekusi di tanggal 2 September. Karena kita nggak akan mengelak, saya dan beliau sadar ini negara hukum, kami memutuskan tetap mengantar Bang Saiful hari ini jam 2," ujar Syahrul.

Menurut Syahrul, LBH dan tim advokasi dari seluruh Indonesia bakal mengajukan amnesti ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka akan meminta Presiden bersikap seperti pernyataannya bahwa yang disasar UU ITE bukan kebebasan berpendapat, tapi kriminal murni.

"Nah, kita minta Presiden untuk membuktikan pernyataannya. Permohonan amnesti itu kita ajukan hari ini," ujarnya. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...