Topik

Ratusan Kotak Rokok Ilegal Diamankan di Aceh Tamiang

·
Ratusan Kotak Rokok Ilegal Diamankan di Aceh Tamiang
Kasat Reskrim Polres Aceh Tamiang AKP Agus Riwayanto Diputra memperlihatkan rokok ilegal yang diamankan beserta para tersangka. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Personel Satreskrim Polres Aceh Tamiang bersama petugas Bea Cukai Kantor Wilayah Aceh mengamankan satu unit truk tronton di kawasan pintu gerbang perbatasan Aceh-Sumatera Utara (Sumut) karena membawa rokok ilegal.

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kasat Reskrim AKP Agus Riwayanto kepada Wartawan, Minggu (11/4/2021) mengatakan, truk dengan BH 8276 SJ ditangkap Minggu (11/4) pikul 15.00 WIB.

"Truk dengan 10 roda itu berasal dari Jambi. Setelah diperiksa, muatan truk berisi rokok dalam kardus-kardus besar. Rokok tersebut merek Luffman tanpa dilengkapi pita cukai. Total rokok luffman yang diamankan sebanyak 300 kotak atau 600 tim," kata AKP Agus Riwayanto.

Dikatakan Agus, penangkapan rokok tanpa pita cukai itu dilakukan pihaknya dan petugas Bea Cukai atas informasi dari masyarakat yang menyebutkan ada truk bermuatan rokok ilegal akan melintas di Aceh Tamiang.

Atas informasi tersebut, kata dia, pihaknya bekerjasama dengan petugas Bea Cukai melakukan penyelidikan. Hasilnya, truk bermuatan rokok tersebut diamankan.  "Selain rokok, dari truk tersebut ikut kita amankan satu sopir dan dua orang penumpang. Mereka masing-masing berinisial H, R dan Y (perempuan), semuanya warga Jambi," kata Agus.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kata Agus, sopir truk mengaku hanya mengantar sampai ke perbatasan Aceh dengan bayaran Rp8 juta. "Setelah dilakukan penyidikan, kasus rokok ilegal ini akan dilimpahkan ke Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Aceh," pungkas AKP Agus Riwayanto

Kasie Penindakan II Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Aceh Umar Syarif menyatakan pihaknya sudah membuntuti truk tersebut sejak dari wilayah Sumatera Utara. 

"Kemudian kami berkoordinasi dengan Polres Aceh Tamiang untuk menunggu truk tersebut di perbatasan. Truk bermuatan rokok ilegal tersebut ditangkap setelah memasuki wilayah Aceh," kata Umar Syarif. []

GeBeTan - Ramadhan
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...