Topik

Ratusan Pelajar SMPN 4 Percontohan Ikuti Persami

·
Ratusan Pelajar SMPN 4 Percontohan Ikuti Persami
Kepsek SMPN 4 Percontohan disela-sela kegiatan Persami. Foto : Hendra.

ACEH TAMIANG - Bertempat di halamam sekolah, ratusan pelajar SMP Negeri 4 Percontohan Karang Baru, baru-baru ini mengikuti kegiatan Persami yang digelar oleh pihak sekolah.

Kegiatan Persami yang dilaksanakan meliputi kegiatan berkemah, upacara api unggun, renungan malam dan latihan mental. Adapun kegiatan pamungkas menguji nyali yaitu, pramuka penggalang yang brusia dari 11-15 tahun tersebut akan melakukan napak tilas hingga pengambilan Kacu diwaktu 1/3 malam.

"Kegiatan Persami ini merupakan rangkaian acara menjelang pelantikan pramuka penggalang SMPN 4 Percontohan Karang Baru," kata Kepala Sekolah SMPN 4 Percontohan Drs. Bambang Supriyanto, MM kepada Kabar Tamiang, Senin (17/6/2019).

Menurutnya, rangkaian kegiatan pelantikan pramuka penggalang merupakan program dari pusat yang dilaksanakan setiap tahun di sekolah tersebut. Para pelajar yang ikut kegiatan pramuka tingkat penggalang sudah lulus pencapaian syarat kecakapan umum (SKU).

Bambang yang didampingi guru pembina pramuka, Rama, berharap anak-anak didiknya dapat memetik manfaat dari Persami pramuka yang merupakan salah satu bentuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dan kegiatan ini merupakan pembentukan karakter dini bagi anak.

Melalui rangkaian kegiatan Persami pramuka diharapkan akan terbentuk nilai-nilai agamais, cinta tanah air, sopan santun, disiplin waktu dan patuh pada guru serta orangtua. "Kegiatan pramuka pada umumnya menyenangkan sehingga diminati oleh semua siswa. Sebanyak 301 murid SMPN 4 Percontohan semuanya aktif di pramuka," ujarnya.

Sementara itu, ketua Panitia kegiatan Persami, Surya mengatakan, kegiatan Persami berlangsung selama dua dan diikuti sebanyak 120 murid kelas 1 dan 2. Mereka merupakan pramuka tingkat penggalang Ramu, Rakit dan Terap yang dilantik. Salah satu kegiatan menarik yang dilakukan disini, yaitu upacara api unggun.

"Membuat api unggun adalah kegiatan wajib bagi pramuka. Setelah ini para siswa akan beristirahat beberapa jam untuk selanjutnya melakukan tapak tilas sejauh sekitar 2 kilometer sekaligus pengambilan kacu pramuka yang lokasinya sudah disiapkan tak jauh dari sekolah,” jelasnya.

Menurut Surya, kegiatan pelantikan pramuka penggalang sudah menjadi kalender tetap bagi SMPN 4 Percontohan. Bahkan selama tiga tahun terakhir ini kegitan pramuka selalu mendapat dukungan penuh dari sang kepala sekolah. Hal itu membuat anak murid dan guru pembina pramuka jadi tambah semangat. "Kepala sekolah juga mau datang malam-malam ke sekolah dan mengeluarkan biaya untuk acara bakar-bakar ikan, sehingga kegiatan kepramukaan semakin seru dan menarik," ujarnya. (Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...