Topik

Ratusan Peserta Ikut Lomba Layang-layang Piala Ketua DPRK Aceh Tamiang

·
Ratusan Peserta Ikut Lomba Layang-layang Piala Ketua DPRK Aceh Tamiang
Ketua DPRK Aceh Tamiang melepas satu unit layang saat membuka secara resmi lomba layang-layang. Foto : Sani

ACEH TAMIANG - Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon SH membuka secara resmi lomba layang-layang di Kampung Matang Seping, Kecamatan Banda Mulia, Aceh Tamiang, Rabu (18/4/2018).

Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon SH dalam sambutannya mengatakan, ‎‎lomba layang-layang ini digelar untuk melestarikan tradisi yang hampir hilang.‎

"Dulu sering kali kita lihat setelah masa habis panen padi, orang-orang tua kita selalu bermain layang-layang di sawah," kata Fadlon.‎

‎Nah, guna menyambung tradisi tersebut agar tidak hilang, kata Fadlon, maka saya berinisiatif membuat perlombaan layang-layang ini.

Kita harapkan, kata Fadlon, perlombaan layang-layang ini bisa menjadikan objek wisata umumnya di Kecamatan Banda Mulia dan khususnya di Kampung Matang Seping.‎

‎"Dan Insya Allah perlombaan layang-layang ini bisa kita jadikan agenda tahunan untuk hiburan masyarakat serta mempromosikan ‎Kampung Matang Seping sebagai lokasi perlombaannya," ujar Fadlon.
‎‎
Menanggapi perlombaan layang-layang tersebut, Pemerintah Aceh Tamiang menyambut baik olahraga tradisional itu.‎

Bupati Aceh Tamiang H. Mursil yang diwakili Kepala Dispora Syahri berharap dengan digelarnya lomba layang-layang tersebut dapat melahirkan bibit-bibit unggul yang bisa dipertandingkan di tingkat Provinsi.

"Seperti kita ketahui, pada bulan Agustus 2018 mendatang akan digelar Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) di Banda Aceh. Kita harapkan kalau perlombaan layang-layang ikut dipertandingkan dalam PKA, ada yang mewakili dari Aceh Tamiang nantinya," kata Syahri.‎

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana Abdul Munir yang dikonfirmasi Kabar Tamiang mengatakan, lomba layang-layang ini diikuti sebanyak 257 peserta.

"Sebanyak 257 peserta tersebut akan memperebutkan enam juara piala Ketua DPRK Aceh Tamiang pak Fadlon SH," kata Abdul Munir.

Abdul Munir merincikan, enam juara tersebut‎ yakni, juara 1 Rp 4 juta, juara 2 Rp 2,5 juta, juara 3 Rp 1,5 juta, juara harapan 1 Rp 600 ribu, juara harapan 2 Rp 400 ribu dan juara layangan unik sebanyak 4 layang dengan masing-masing hadiah Rp 500 ribu.

"Perlombaan akan berlangsung selama ‎tiga hari mulai hari ini hingga selesai, dan layangan yang terbaik akan dinilai oleh empat dewan juri profesional untuk ditetapkan sebagai sang juara," ungkap Abdul Munir.

Amatan Kabar Tamiang pembukaan lomba layang-layang tersebut, selain dihadiri Ketua DPRK Fadlon SH dan Kadispora Syahri juga dihadiri Kasdim 0117 Mayor Inf, A. Yani, Camat Banda Mulia, M. Farid, Perwakilan Kapolsek, perwakilan Danyon Raider 111, Datok Penghulu serta tokoh masyarakat kampung setempat.(Sani)‎

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...