Topik

Reses di Aceh Tamiang, Ghazali Abas Gelar Pertemuan dengan DPMKPPKB dan DPMPTSP

·
Reses di Aceh Tamiang, Ghazali Abas Gelar Pertemuan dengan DPMKPPKB dan DPMPTSP
Anggota DPD RI, Ghazali Abbas ketika melakukan reses di DPMPTSP Aceh Tamiang. Foto : Hendra.

ACEH TAMIANG - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, H Ghazali Abbas Adan, melakukan reses di Kabupaten Aceh Tamiang dalam rangka menyerap aspirasi daerah.

Dalam reses kali ini, Ghazali Abbas melakukan pertemuan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (7/1/2019).

Dari hasil pertemuan dengan kepala
DPMKPPKB Aceh Tamiang, Ghazali Abbas mengatakan ia mendapat masukan terkait pengelolaan dana desa. "Masukan yang kita terima salah satunya terkait adanya tumpang tindihnya aturan penggunaan dana desa karena harus dikoordinasikan oleh empat kementerian, yakni Menteri Keuangan, Menteri Desa, Menteri Dalam Negeri dan Bappenas," jelasnya.

Menurutnya, dibutuhkan sebuah buku pintar penggunaan dana desa, sehingga kepala desa tidak bingung soal penggunaan dana tersebut dan pihaknya akan melaporkan hal ini kepada pihak-pihak terkait agar kedepannya regulasi tentang pengelolaan dana desa menjadi satu payung hukum.

Disebutkan, sampai saat ini belum diperoleh petunjuk yang jelas mengenai hal itu. Ghazali menyarankan Pemerintah Pusat perlu melakukan pelatihan kepada para kepala desa dengan sumber dana pelatihan dari Pusat. Kedua, diperlukan standarisasi gaji kepala desa. "Terus terang kepala desa mengeluhkan rendahnya gaji mereka, sementara, dana yang dikelola begitu besar,” ujar Ghazali.

Foto : Hendra

Terkait perizinan, anggota DPD Ghazali Abbas menyampaikan apresiasi terkait sistem perizinan di Kabupaten Aceh Tamiang yang sudah baik dan mudah. "Sistem perizinan di Aceh Tamiang sudah sangat baik karena sistemnya mudah dan cepat. Pihaknya berharap agar Kabupaten/kota lain di Aceh dapat meniru sistem perizinan di Aceh Tamiang," harapnya.(Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...