Topik

RSUD Zubir Mahmud Rawat Satu Pasien Positif Covid-19 Rujukan dari Aceh Tamiang

·
RSUD Zubir Mahmud Rawat Satu Pasien Positif Covid-19 Rujukan dari Aceh Tamiang
Mobil Ambulance saat menjemput pasien positif Covid-19 untuk dirujuk ke RSUD dr. Zubir Mahmud Aceh Timur. Foto : Ist

IDI - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zubir Mahmud, Aceh Timur, merawat perdana pasien positif terjangkit virus corona atau Covid-19 rujukan dari Kabupaten Aceh Tamiang.

Direktur RSUD dr Zubir Mahmud Aceh Timur, dr Edi Gunawan mengatakan, pasien berinisial M (51) ini dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil pemeriksaan swabnya keluar dari Balai Litbangkes Aceh.

Sebelum dirawat di RSUD dr Zubir Mahmud, jelas dr Edi, petugas medis dari RSUD Aceh Tamiang, menanyakan kesiapan RSUD dr Zubir Mahmud untuk merawat pasien positif Covid-19 tersebut karena RSUD Aceh Tamiang belum siap untuk merawatnya.

Seharusnya jika RSUD Aceh Tamiang belum siap, maka pasien tersebut dirujuk ke RS Kota Langsa. "Tapi RSUD Kota Langsa juga menyatakan belum siap sehingga karena alasan kemanusiaan dan sebagai RS rujukan maka kita siap dan bersedia merawat pasien tersebut," ungkap dr Edi Gunawan.

Saat ini, jelas dr Edi, pasien tersebut telah dirawat di ruang isolasi Covid-19, dan akan dirawat semampunya oleh tim medis hingga sembuh.

Sementara itu, tim Gugus Tugas Aceh Timur, sangat menyayangkan sikap RSUD Aceh Tamiang, dan Kota Langsa, yang menyatakan belum siap merawat pasien positif Covid-19, padahal saat ini pandemi Covid-19 sedang memasuki tahap new normal.

Selain itu, berdasarkan instruksi Plt Gubernur Aceh, semua rumah sakit di Aceh, harus membuat ruang isolasi, dan harus siap merawat sementara pasien positif Covid-19, sebelum dirujuk ke rumah sakit rujukan karena kondisi sakit pasien tersebut semakin berat.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur H Hasballah bin HM Thaib, mengingatkan semua petugas medis yang merawat pasien positif Covid-19 tersebut agar benar-benar memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan agar tidak terpapar virus mamatikan tersebut.

Sejauh ini, kata Bupati, Aceh Timur belum ada kasus positif corona, dan pemerintah bekerja keras terus menerus melakukan upaya pencegahan agar masyarakat Aceh Timur terhindar dari wabah Covid-19 tersebut.

Bupati Aceh Timur, mengingatkan warga agar tetap mematuhi Protokol kesehatan, dan meningkatkan kewaspadaan diri dengan menjaga jarak, hindari keramaian, gunakan masker, dan rajin cuci tangan. (**)

Sumber : Serambinews.com

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...