Topik

Sejumlah Wanita Afghanistan Beranikan Diri Kembali Bekerja di Bandara Kabul

·
Sejumlah Wanita Afghanistan Beranikan Diri Kembali Bekerja di Bandara Kabul
Foto : Istimewa

JAKARTA - Sejumlah wanita Afghanistan memberanikan diri untuk kembali bekerja di bandara Kabul, kurang dari sebulan setelah Taliban menguasai ibu kota Afghanistan tersebut. Salah satunya, Rabia Jamal (35) yang memutuskan untuk kembali bekerja di bandara.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (13/9/2021), sebelumnya Taliban mengatakan kaum wanita harus tinggal di rumah demi keamanan mereka sendiri. Namun, Rabia, ibu dari tiga anak itu merasa dia tidak punya banyak pilihan.

"Saya butuh uang untuk menghidupi keluarga saya," kata Rabia, mengenakan setelan jas biru laut.

Dari lebih dari 80 wanita yang bekerja di bandara Kabul sebelum ibu kota Afghanistan itu jatuh ke tangan Taliban pada 15 Agustus, saat ini baru 12 orang yang kembali bekerja.

Tetapi mereka adalah salah satu dari sedikit wanita di ibu kota yang diizinkan kembali bekerja. Taliban telah memberi tahu sebagian besar wanita untuk tidak kembali bekerja sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Kakak Rabia, Qudsiya Jamal, 49 tahun, mengatakan kepada AFP bahwa pengambilalihan oleh Taliban telah "mengejutkannya". "Saya sangat takut," kata ibu lima anak yang juga satu-satunya pencari nafkah keluarganya.

"Keluarga saya takut, mereka mengatakan kepada saya untuk tidak kembali bekerja-tetapi saya senang sekarang, santai, tidak ada masalah sejauh ini," imbuhnya. (**)

DETIK
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...