Topik

Sekolah SMA/SMK di Aceh Tamiang Kembali Belajar secara Daring

Sekolah SMA/SMK di Aceh Tamiang Kembali Belajar secara Daring
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tamiang, Bakhtiar, S.Pd, M.Pd. Foto : Aliyandi.

ACEH TAMIANG - Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tamiang, Bakhtiar, S.Pd, M.Pd mengungkapkan sekolah tingkat SMA/SMK di Aceh Tamiang kembali melaksanakan belajar mengajar secara daring atau online.

“Ia, sejak Kamis (27/5) kemarin, sekolah di Kabupaten Aceh Tamiang sudah dilakukan secara daring kembali,” kata Bakhtiar saat dikonfirmasi Kabar Tamiang via seluler, Jumat (28/5/2021).

Menurut Bakhtiar, proses belajar mengajar secara daring dilakukan sesuai dengan intruksi Dinas Pendidikan Aceh, dimana sekolah tingkat SMA/SMK di kabupaten/kota harus dialihkan ke pembelajaran daring.

“Belajar secara daring juga bertujuan untuk melaksanakan Intruksi Gubernur Aceh No. 07/INSTR/2021 Tanggal 24 Mei 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro. Hal tersebut dilakukan mengingat kasus Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat, untuk mengatasi lonjakan kasus maka kita diminta untuk melaksanakan pembelajaran daring,” sebut Bakhtiar.

Bakhtiar menyebutkan, saat ini belum ada batas waktu sampai kapan proses belajar mengajar di Kabupaten dilakukan secara daring. Bahkan, dalam minggu depan murid SMA dan SMK akan melakukan ujian. “Untuk belajar daring belum ada batas waktunya, dan sebenarnya dalam minggu ini sekolah sudah ujian, jadi kita sudah minta kepala sekolah ujiannya dilakukan daring,” tutupnya. 

Instruksi selanjutnya kata Bakhtiar, yaitu mempercepat proses pelaksanaan ujian semester. Untuk SMA/SMK dan PKLK jadwal ujian pada 28 Mei hingga 12 Juni 2021, khusus Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) disesuaikan, dan meniadakan seluruh kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan akademik lainnya setelah ujian.

Selanjutnya, untuk pembagian rapor pada 19 Juni 2021 dengan memperhatikan kondisi zona Covid-19. "Kepada Satgas Covid-19 di masing-masing satuan pendidikan diwajibkan memantau (mengupdate) informasi perkembangan status zona dalam area sekolah dan sekitarnya serta melakukan koordinasi kepada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang," ujarnya.

Selanjutnya, ia juga meminta kepada pengawas pembina bersama dengan kepala satuan pendidikan melaksanakan evaluasi secara berkala dan menyampaikan laporan secara lisan maupun tertulis kepada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di satuan masing-masing.

"Hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaran tahun pelajaran 2021/2022 akan diberitahukan lebih lanjut sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku," ujar Bakhtiar.

Sesuai arahan kadisdik Aceh, lanjut Bakhtiar, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang juga meminta kepada kepala sekolah untuk dapat Juga memastikan lingkungan sekolah tetap bersih, rapi, estetika dan hijau  serta Menyiapkan langkah-langkah strategis dan efektif dalam proses pembelajaran Daring/online.

"Seluruh satuan pendidikan wajib mematuhi dan menindaklanjuti instruksi ini, apabila ditemukan pelanggaran akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan dan kewenangan yang berlaku," tegasnya. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...