Topik

Semarak Perayaan Kurban di Desa Pedalaman

·
Semarak Perayaan Kurban di Desa Pedalaman
Anak-anak dan penduduk Desa Pante Kera Kecamatan Simpang Jernih menyaksikan pelaksanaan Green Kurban. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Perayaan Idul Adha 1439 H menjadi istimewa bagi warga Gampong Pante Kera Kecamatan Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur. Pasalnya tahun ini kampung mereka menjadi sasaran Green Kurban Sinergi Foundation (GKSF).

Relawan Green Kurban Nanie Idrus kepada Kabar Tamiang, Kamis (23/8/2018) mengatakan tahun ini, Desa Pante Kera dan sembilan kampung di Kabupaten Aceh Tamiang menjadi sasaran program Green Kurban Sinergi Foundation.

"Penyaluran Green kurban yang menyasar pedesaan, daerah terpencil, daerah rawan konflik dan daerah bencana, merupakan program rutin yang dilakukan Sinergi Foundation sejak 2013. Tujuannya adalah membantu distribusi hewan kurban yang masih tersentralisasi di daerah perkotaan," ujarnya.

Dalam pelaksanaann green kurban di Kabupaten Aceh Tamiang dan Aceh Timur, Sinergi Foundation bekerja sama dengan relawan Gerakan Berbagi Tamiang (Gebetan). Desa Pante Kera Kecamatan Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur pun termasuk salah satu target distribusi hasil survei Relawan Gebetan.

"Selain Pante Kera, kami juga menyebar Qurban ke beberapa titik pelosok di Kecamatan Sekerak dan Kecamatan lainnya di Kabupaten Aceh Tamiang," ujarnya.

Menurutnya, para relawan Gebetan tergerak untuk membatu menyalurkan hewan kurban ke daerah yang sulit dijangkau kendaraan biasa. Tujuannya agar daerah pedalaman juga dapat merasakan daging kurban karena selama ini pelaksanaan kurban masih tersentralisasi di daerah perkotaan, sedangkan di daerah pedalaman, jarang tersentuh.

Pantauan Kabar Tamiang dilokasi Green Kurban di Desa Pante Kera, saat penyembelih sapi kurban disaksikan oleh anak-anak dan warga penduduk setempat. Mereka dengan sangat fokus memperhatikan setiap tahapan yang dilakukan, baik proses penyembelihan maupun proses pembagian dari kurban ke setiap rumah warga.(Hen).

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...