Topik

Sempat Dinyatakan Negatif, Warga Abdya Positif Corona Usai Tes Swab di Aceh

·
Sempat Dinyatakan Negatif, Warga Abdya Positif Corona Usai Tes Swab di Aceh
Gambar Ilustrasi. Foto : Ist

BANDA ACEH - Seorang perempuan asal Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil swab tenggorokan. Hingga malam ini, sudah sembilan kasus COVID-19 di Tanah Rencong.

"Hasil swab pasien asal Abdya tadi sore keluar dari Balitbangkes di Siron, Aceh Besar. Dia positif," kata Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) dr Endang Mutiawati saat dimintai konfirmasi, Jumat (24/4/2020).

Menurut Endang, hasil pemeriksaan swab pasien tersebut tergolong unik. Pasien tersebut sebelumnya dirawat di RSUZA dan diambil sampel swab untuk dikirim ke laboratorium Balitbangkes Kemenkes di Jakarta.

Hasilnya saat itu, jelas Endang, pasien tersebut dinyatakan negatif Corona. Pihak rumah sakit kembali mengambil swab tenggorokan sebelum pasien tersebut diperbolehkan pulang pada 17 April lalu.

Spesimen swab-nya kemudian diperiksa di Laboratorium Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) milik Balitbangkes Kemenkes di Siron, Aceh Besar. Hasilnya keluar sore tadi dan pasien tersebut dinyatakan positif Corona. "Itu masih rancu, karena (hasil laboratorium) dari Jakarta negatif, dari Siron, Aceh Besar, positif. Kalau dua-duanya positif, itu yang berat," jelas Endang.

Menurutnya, kondisi pasien saat ini dalam kondisi baik dan rencananya akan dilakukan swab ulang. "Itu hasilnya nggak sinkron," ujar Endang.

Sementara itu, siang tadi, satu pasien diketahui positif Corona berdasarkan hasil swab yang diperiksa di Balitbang Siron, Aceh Besar. Pasien tersebut punya riwayat pulang dari luar Aceh. Hingga malam ini, sudah sembilan pasien positif Corona di Aceh. Empat di antaranya sembuh, tiga dirawat dan satu meninggal dunia. Sementara itu, pasien yang baru positif masih di Abdya. (**)

Sumber : Detikcom

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...