Topik

Sensus Penduduk September 2020, Ini Cara Kenali Petugas yang Datang ke Rumah

·
Sensus Penduduk September 2020, Ini Cara Kenali Petugas yang Datang ke Rumah
Ciri-ciri petugas sensus penduduk. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Tamiang mulai melakukan kegiatan lapangan Sensus Penduduk 2020 pada 1 hingga 30 September 2020.

Kepala BPS Aceh Tamiang, Mukhtaruddin, SE kepada Kabar Tamiang, Rabu (2/9/2020) mengatakan, dalam pelaksanaan Sensus Penduduk ini, sebanyak 185 petugas dibekali Alat Pelindung Diri (APD) untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. "Selain dibekali APD, petugas sensus juga diberikan asuransi berupa BPJS Ketenagakerjaan, yang berlaku selama 1 bulan," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, masyarakat tidak perlu merasa ragu dan khawatit untuk menerima petugas sensus dengan alasan masih dalam masa pandemi. Selain itu, petugas sensus juga dilengkapi tanda pengenal berupa ID Card, rompi bertulisakan sensus penduduk 2020 dan membawa surat tugas. “Kita bagi beban petugas sensus maksimalnya 600 Kepala Keluarga (KK) dan atau 10 satuan lingkungan setempat (SLS/Dusun),” katanya.

Mukhtaruddin menjelaskan sebanyak 8.790 penduduk Aceh Tamiang telah berpartisipasi dalam sensus penduduk online yang telah dilaksanakan sejak 15 Februari-29 Mei 2020. Namun, jumlahnya baru sekitar 2,96 dari total penduduk kabupaten Aceh Tamiang, sehingga, masih terdapat 97,4 % penduduk Aceh Tamiang yang harus dicatat keberadaanya oleh petugas sensus.

"Jumlah penduduk itu berasal dari 1.917 keluarga atau 2,38 persen dari total keluarga keluarga di Kabupaten Aceh Tamiang," ujar Mukhtaruddin.

Dikutip dari laman resmi BPS, ini ciri-ciri petugas sensus penduduk BPS:

• Memakai rompi berwarna biru tua dengan logo Sensus Penduduk 2020 di bagian dada kanan, logo BPS di bagian dada kiri, dan tulisan "PETUGAS SENSUS" di bagian punggung.
• Membawa tas punggung berwarna hitam dengan logo BPS dan SP2020.
• Memakai tanda pengenal yang bertuliskan nama petugas.
• Membawa surat tugas dari BPS Kabupaten/Kota setempat.

Selain itu, kata Muktaruddin masyarakat juga bisa meminta petugas untuk menunjukkan kartu petugas guna memastikan petugas yang datang adalah petugas SP2020. Kemudian, pada kartu petugas akan terdapat QRCODE yang apabila di scan akan menampilkan landing page SP2020 yang berisi identitas petugas. (Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...