Topik

Serangan Hama Lalat Resahkan Warga Tujuh Kampung di Kecamatan Rantau

·
Serangan Hama Lalat Resahkan Warga Tujuh Kampung di Kecamatan Rantau
Gambar Ilustrasi. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Masyarakat tujuh kampung kemukiman Sapta Jaya Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang, beberapa hari belakangan ini dilanda keresahan. Mereka terganggu akibat ribuan lalat yang menyerbu permukiman warga setempat. Tidak sedikit warga yang mengalami mual-mual dan pusing akibat serangan ribuan lalat ini.

Sudah seminggu terakhir ini, rumah warga dipenuhi ribuan lalat. Kedatangan lalat-lalat itu diduga akibat keberadaan sejumlah kandang ternak ayam di sekitar permukiman warga. Pasalnya, setiap kali menjelang panen ayam, rumah-rumah warga acap kali diserbu lalat.

“Ya resahlah banyak lalat. Mau makan sulit, tidur siang juga sulit karena banyak lalat,” ucap Riyan, warga Kampung Suka Rahmat kepada wartawan, Selasa (11/6/2019).

Menurut pengakuan Riyan, serbuan lalat seperti ini bukan berlangsung kali ini saja, namun sudah sejak dua tahun terakhir. Tapi yang sekarang ini lebih parah jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Ada­pun tujuh kampung di Sapta Jaya yang dila­porkan terpapar wabah lalat yaitu Kampung Suka Rahmad, Suka Jadi, Suka Mulia, Suka Rakyat Jamur Labu, Ja­mur Jelatang dan Ingin Jaya. Mukim ini memang kerap terimbas hama lalat, karena di beberapa titik terdapat peternakan ayam potong. 

Datok penghulu di salah satu kampung menjelaskan saat ini warga sudah mengajukan protes melalui salah satu datok penghulu untuk diteruskan ke Camat. Dijawadlkan dalam waktu dekat ini, Camat dengan pengelola peternakan akan melakukan pertemuan.

Dalam pertemuan nanti, warga berharap ada keputusan yang bersifat permanen agar pengelolaan peternakan ayam potong tidak lagi mengganggu warga. "Warga tidak masalah dengan peternakannya, kan masih keluarga-keluarga juga yang punya. Tapi maunya dibersihkanlah. Jangan untung saja yang dipikirkan, kenyamanan dan kesehatan tetangga juga harus dipikirkan," tukasnya.(Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...