Topik

Seru, Permainan Galah Panjang Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Aceh Tamiang ke-16

·
Seru, Permainan Galah Panjang Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Aceh Tamiang ke-16
Permainan Galah Panjang yang mempertemukan kecamatan Karang Baru melawan kecamatan Bandar Pusaka. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Upaya melestarikan permainan tradisional, kembali di perkenalkan dalam rangkaian menyambut hari jadi Kabupaten Aceh Tamiag ke-16. Pemkab setempat menggelar permainan tradisional Galah Panjang atau sering disebut Galasin yang dipusatkan di lapangan Belakang kantor Bupati Aceh Tamiang.

"Permainan Galah Panjang diikuti oleh 12 kecamatan, dimana pesertanya terdiri dari berbagai elemen, yakni pengawai kantor camat, datok penghulu, perangkat kampung dan masyarakat umum serta dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 2 April sampai 3 April 2018 ," kata Sekretaris Panitia HUT Aceh Tamiang, Agusliyana Devita, S.STP, M.Si kepada kabartamiang.com, Selasa (3/4/2017).

Menurutnya, permainan Galah Panjang saat ini jarang ditemui, bahkan anak-anak pun banyak yang tidak mengetahui jenis permainan ini karena mereka sudah terlena dengan gadget yang mahal.

"Inilah salah satu tujuan mengapa pada HUT Kabupaten Aceh Tamiang ke-16, permainan tradisional ini diperlombakan dan berharap melalui event ini, anak-anak mulai mengenal kembali permainan yang bersifat mendidik kekompakan tim dan kebersamaan ," ujar Devi, panggilan akrab Agusliyana Devita.

Devi menambahkan pada hari pertama, setelah acara pembukaan perlombaan, langsung di mulai pertandingan Galah Panjang yang mempertemukan kecamatan Seruway melawan kecamatan Bendahara dan kecamatan Karang Baru melawan kecamatan Bandar Pusaka.

"Karena belum selesai dan masih draw, hari ini akan dilanjutkan pertadingan kemarin dan pertadingan lainnya yang mempertemukan kecamatan - kecamatan yang belum bertanding ," ujarnya.

Pihaknya berharap kepada setiap peserta dari masing-masing kecamatan agar disiplin waktu dan tetap bersikap sportif dan menjunjung tinggi nilai persahabatan dan silaturahmi antar kecamatan.

"Mengenai juara, yang di ambil hanya juara I, juara II dan juara III ," ujarnya. (Hen).

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...