Topik

Suasana Memprihatinkan Salat Jumat di Palu Usai Gempa dan Tsunami

·
Suasana Memprihatinkan Salat Jumat di Palu Usai Gempa dan Tsunami
Masyarakat Palu Sulawesi Tengah ketika melaksanakat sholat Jumat. Foto : Ist

PALU - Ratusan muslim di Palu, Sulawesi Tengah melaksanakan salat Jumat pertama usai gempa dan tsunami yang melanda wilayah mereka, Jumat, 28 September lalu.

Hari ini, Jumat (5/10/2018), mereka salat Jumat di Lapangan Masjid Agung Daru Salam karena bangunan masjid rusak berat. Pantauan di lapangan, jemaah salat di belakang bangunan masjid yang rusak akibat gempa. Mereka duduk beralaskan karpet merah yang membentang panjang di lapangan.

Panas matahari menyentuh langsung kulit jemaah lantaran tidak ada atap yang melindungi. Namun, mereka tetap khusuk mendengarkan khutbah jumat. Di saf imam pun hanya di pasang peralatan seadanya. Sebuah terpal cokelat menjadi atap melindungi imam salat dari panas matahari.

Pengurus menggunakan sebuah bambu panjang yang talinya diikat di knalpot sepeda motor untuk menyeimbangkan terpal tersebut.

Salah satu pengurus Masjid Agung Daru Salam, Ahmad Dermawan, mengatakan, pihaknya terpaksa menggelar salat Jumat di lapangan karena masjid tersebut belum dapat dipergunakan akibat ada pondasi yang hancur. "Kami belum berani salat di dalam karena kerusakannya begitu parah. Takut ada material yang menimpa jemaah," ucap dia.

Khatib dalam khutbahnya mengutarakan tentang kesabaran dalam menghadapi cobaan. Dan menjadikan musibah seperti gempa sebagai ajang untuk bertobat.(**)

Sumber : Liputan6.com

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...