Topik

Tanpa Gejala, 4 Dokter RSUZA Banda Aceh Positif Corona

·
Tanpa Gejala, 4 Dokter RSUZA Banda Aceh Positif Corona
Foto : Istimewa

BANDA ACEH - Pasien yang terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) di Aceh bertambah 13 orang. Empat orang di antaranya merupakan dokter di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Anggota Tim Satuan Tugas Covid-19 Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Safrizal Rahman mengatakan mereka yang terkonfirmasi positif berdasarkan tes swab di laboratorium Unsyiah. "Empat dokter, satu perawat, yang lain masyarakat biasa dari Aceh Besar dan Banda Aceh," kata Safrizal saat dikonfirmasi, Selasa (28/7).

Tiga di antara dokter tersebut, kata Safrizal, sedang mengikuti program pendidikan dokter spesialis (PPDS). Sementara satu orang lainnya bertugas di IGD RSUZA dan seorang perawat.

Keempat dokter dan seorang perawat itu berinisial FAK (30), ZUL (34) dan MI (37) yang sedang mengikuti PPDS. Kemudian KR (32) dokter umum dan MN (28) perawat. Mereka terpapar dari pasien positif yang berinisial TI (79).

Safrizal menyatakan para dokter dan perawat tersebut diisolasi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh karena tak memiliki gejala klinis sehingga tak dirawat di RSUZA. "Diisolasi di BPSDM, karena mereka tidak bergejala," ujarnya.

Ia memastikan pihaknya sudah melakukan penelusuran terhadap orang yang pernah kontak erat dengan keempat dokter dan seorang perawat itu. Sebagian dari mereka yang pernah melakukan kontak erat pun sudah mengikut tes swab.

Dengan penambahan tersebut, secara kumulatif pasien positif corona di Aceh menjadi 184 orang. Sebanyak 10 orang di antaranya meninggal dunia. Sementara itu seluruh Indonesia pasien positif virus corona telah mencapai 100 ribu lebih. (**)

Sumber : CNN Indonesia

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...