Topik

Target Zona Hijau, Pemkab Aceh Tamiang Tingkatkan Intensitas Razia Prokes

·
Target Zona Hijau, Pemkab Aceh Tamiang Tingkatkan Intensitas Razia Prokes
Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil bersama Forkopimda mengelar Razia Prokes disejumlah lokasi. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang akan meningkatkan intensitas razia protokol kesehatan (Prokes) dengan melibatkan aparat dalam jumlah besar di berbagai ruang publik, guna mencapai target zona hijau.

"Upaya pencegahan penyebaran virus berbahaya ini terus masif kita lakukan. Mulai dari sosialisasi, penertiban di tempat keramaian, hingga razia Prokes di berbagai titik terus kita tingkatkan, kita akan bergerak menuju zona hijau," kata Bupati Aceh Tamiang, Mursil kepada Kabar Tamiang, Kamis (12/11/2020).

Menurutnya, peningkatan razia prokes dalam kegiatan operasi Yustisi ini merupakan komitmen Forkopimda untuk membawa Aceh Tamiang ke zona hijau. “Kami bersama Dandim dan Kapolres sudah berkomitmen untuk membawa daerah ini ke zona hijau. Tujuannya agar semua aktivitas, khususnya perekonomian masyarakat kembali normal,” katanya.

Mursil menambahkan Kabupaten Aceh Tamiang saat ini masih dalam status zona oranye penyebaran COVID-19. Sehingga Pemkab terus menekan zona siaga dari oranye ke hijau, dan mengharapkan semua elemen turut aktif dalam melakukan pencegahan.

"Unsur utama dalam pemutusan mata rantai COVID-19 ini adalah kedisiplinan warga dalam sehari-hari, memakai masker, menjauhi kerumunan dan cuci tangan usai beraktivitas, ini sudah jadi budaya baru," katanya.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, sejauh ini masyarakat yang ditindak dalam razia itu mencapai 1.613 orang. Angka ini diakuinya, mengalami peningkatan drastis pada bulan ini yang sudah mencapai 537 orang.

“Kalau masyarakat juga ingin kehidupan kembali normal, ayo sama-sama kita tegakkan disipilin protokol kesehatan. Kalau komitmen ini terbangun, tidak lama lagi kita akan bisa hidup di zona hijau,” ajaknya.

Meski tren kasus Covid-19 mengalami peningkatan, Mursil tetap optimis target menjadikan daerah ini zona hijau akan tercapai. Keyakinan ini didasari, dengan angka kesembuhan yang sukup signifikan.

Satgas Penanganan Covid-19 Aceh Tamiang menyebut, dari jumlah kasus 306 orang, angka kesembuhan mencapai 249 orang. Sedangkan 45 orang positif Covid-19 juga menunjukkan perkembangan kesehatan yang cukup baik.

Mursil terus mengimbau warga untuk terus waspada, karena angka tersebut sewaktu-waktu akan bisa berubah, dengan disiplin menerapkan Prokes dan razia Prokes warga yang tidak patuh menjaga jarak atau memakai masker dari Satgas COVID-19. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...