Topik

Terkait Kasus Dugaan Korupsi KIP Agara, Kuasa Hukum Minta Penangguhan Penahanan

Terkait Kasus Dugaan Korupsi KIP Agara, Kuasa Hukum Minta Penangguhan Penahanan
Penasihan Hukum Kasibun Daulay. Foto : Ist

ACEH TENGGARA - Penasehat Hukum tersangka kasus dugaan tindak pidana Korupsi pada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) menyayangkan pihak Kejari Aceh Tenggara melakukan penahanan kepada kliennya tersebut.

Penasehat hukum tersangka, Kasibun Daulay, SH yang didampingi penasihan hukum lainnya, Faisal Qasim, SH, MH kepada Wartawan, Jumat (19/3/2021) mengatakan, dalam menjalani proses penyelidikan dan penyidikan di Polres Aceh Tenggara, sejak awal tidak melakukan penahanan sama sekali.

"Klien kami MD (Sekretaris KIP Aceh Tenggara) sangat kooperatif dan tidak pernah mempersulit proses Lidik maupun Sidik di Polres Aceh Tenggara," ujarnya.

Pengembalian potensi kerugian negara sebesar Rp. 909.003.000,-. Foto : Ist

Kasibun Daulay menjelaskan, seharusnya tidak ada alasan yang kuat untuk melakukan penahanan kepada klien kami, apalagi semua potensi kerugian negara sudah dikembalikan dan pada tahap II kemarin tanggal 18 Maret 2021 digedung Kejari Aceh Tenggara sebesar Rp. 909.003.000,-.

"Seharusnya, tidak ada yang perlu dikawatirkan kepada klien kami, karena mereka tidak akan mungkin menghilangkan dan/atau merusak barang bukti, serta tidak akan mengulangi dan/atau melakukan perbuatan pidana lainnya," kata Kasibun Daulay didampinggi Faisal Qasim.

Saat ini kondisi kesehatan klien kami kurang stabil dan sebelum ini masuk perawatan rumah sakit, maka kami sebagai Penasihat Hukum, kami akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan atau setidak-tidaknya Pengalihan status Tahanan dari status Rumah Tahanan Negara (Rutan) ketahanan Kota atau tahanan Rumah.

"Untuk mempercepat proses penangguhan Penahanan terhadap klien kami, pihak keluarga juga akan menjamin klien kami untuk tidak melarikan diri dan tidak mempersulit proses pemeriksaan perkaranya dan akan hadir setiap dibutuhkan kehadirannya dalam rangka memperlancar perkara ini," jelasnya. []

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...