Topik

Tiba di Indonesia, Menlu AS: Senang Bisa Kembali ke Jakarta!

·
Tiba di Indonesia, Menlu AS: Senang Bisa Kembali ke Jakarta!
Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo. Foto : Ist

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Mike Pompeo tiba di Jakarta sebagai kunjungan penutup dari turnya ke empat negara Asia. Menlu AS itu akan mengadakan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo dan Menlu Retno Marsudi.

Pompeo pun mengungkapkan kegembiraannya tiba di Jakarta. "Senang bisa kembali ke Jakarta!" demikian ditulis Pompeo dalam akun Twitter resminya, Kamis (29/10/2020).

"Menantikan pertemuan dengan Presiden @jokowi dan Menteri Luar Negeri @Menlu_RI untuk membahas visi bersama kita tentang #IndoPasifik yang bebas dan terbuka dan pidato saya kepada @nahdlatululama tentang nilai-nilai bersama yang mendukung perdamaian dan kemakmuran regional," imbuh Pompeo dalam cuitannya.

Kunjungan Pompeo ke Indonesia adalah dalam rangkaian perjalanannya ke India, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia pada 25-30 Oktober 2020. Kunjungan ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China dalam mencari dukungan negara-negara di Asia, khususnya soal konflik Laut China Selatan, yang diklaim sebagai wilayah milik China. Klaim tersebut ditentang oleh banyak negara, termasuk Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri AS, dijelaskan bahwa kunjungan Pompeo ke Indonesia untuk "menegaskan visi kedua negara tentang Indo-Pasifik yang bebas terbuka." Kunjungan Pompeo ini dilakukan menyusul kunjungan Wakil Menteri Pertahanan AS dan delegasi US International Development Finance Corporation (DFC). (**)

Sumber : Detikcom

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...