Topik

Tipu Jemaah Rp 1,4 Miliar, 2 Pemilik Travel Umroh di Aceh Ditangkap

·
Tipu Jemaah Rp 1,4 Miliar, 2 Pemilik Travel Umroh di Aceh Ditangkap
Foto : Istimewa

BANDA ACEH - Pemilik dua agen travel umroh di Aceh ditangkap polisi karena diduga menipu puluhan orang. Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polda Aceh.

Pada kasus pertama, polisi menciduk tersangka AH (47), yang merupakan pemilik Elhanief Tour and Travel, di Aceh. AH dilaporkan oleh tiga agen travel di wilayah Aceh Tengah dengan jumlah korban 47 orang.

"Kerugian materiil Rp 891 juta. Para korban ini rata-rata mendaftar pada April 2018 dan dijanjikan diberangkatkan pada Desember 2019," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Ery Apriyono kepada wartawan, Jumat (4/12/2020).

Ery mengatakan korban menyetor uang tersebut melalui agen di Aceh Tengah. Agen sudah menyerahkan uang jemaah ke PT Elhanief Tour and Travel lewat bendahara perusahaan.

Setelah ditunggu hingga 2020, jemaah tersebut tidak kunjung diberangkatkan ke Tanah Suci. Mereka akhirnya membuat laporan ke Polda Aceh. "Sampai 2020 tidak ada jemaah yang diberangkatkan travel tersebut," jelas Ery.

Dia menyebut masih ada korban lain yang belum membuat laporan. Jemaaj yang dijanjikan diberangkatkan pada Desember 2021 masih menunggu jatuh tempo. "Kalau (mereka) tidak diberangkatkan, (agen) akan dilaporkan ke Polda Aceh," ujar Ery.

Sementara itu, kasus kedua, polisi menetapkan KA (33) sebagai tersangka. Pemilik PT Istiqlal Sarana Wisata Tour dan Travel itu diduga menipu 27 orang jemaah umroh. "Ada empat laporan polisi (LP) terhadap KA, yaitu tiga LP pada 2019 dan satu LP pada 2020. Jumlah korbannya 27 orang dengan total kerugian Rp 608 juta," ujar Ery.

Ery mengatakan hingga saat ini masih ada sejumlah korban yang belum membuat laporan. Para korban masih berharap uang mereka dikembalikan."Masih ada korban yang belum melapor dengan harapan perusahaan mau mengembalikan uang yang telah disetor oleh korban," beber Ery. (**)

Sumber : Detikcom

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...