Topik

Tokoh Pers Aceh, Harun Keuchik Leumiek Meninggal Dunia

·
Tokoh Pers Aceh, Harun Keuchik Leumiek Meninggal Dunia
Haji Harun Keuchik Leumiek. Foto : Ist

BANDA ACEH - Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Tokoh masyarakat Aceh yang juga tokoh pers dan pengusaha terkemuka, H Harun Keuchik Leumiek meninggal dunia, Rabu (16/9/2020) siang.

Informasi yang dihimpun Kabar Tamiang, Harun Keuchik Leumiek mengembuskan napas terakhir di kediamannya di Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh. Ia lahir di Banda Aceh pada 19 September 1942.

Semasa hidupnya, Harun Keuchik Leumiek tidak saja menekuni profesi sebagai wartawan, ia juga dikenal sebagai seorang budayawan dan gemar mengoleksi benda-benda kuno yang memiliki nilai historis tinggi.

Ia pernah menjadi wartawan Mimbar Swadaya Banda Aceh (sekarang Harian Serambi Indonesia), Harian Mimbar Umum Medan, dan wartawan Harian Analisa Medan.

Berita meninggalnya H Harun Keuchik Leumiek menyebar cepat. Ratusan pelayat terlihat menyesaki rumah duka sejak beberapa saat kabar itu tersiar.

H Sjamsul Kahar yang merupakan sahabat dekat almarhum yang sama-sama tokoh pers di Aceh secara khusus menyampaikan duka mendalam atas kepergian H Harun Keuchik Leumiek. “Kita kehilangan seorang tokoh pers sejati,” ujar Sjamsul sambil terisak.

Almarhum yang merupakan pengusaha Toko Emas H Harun Keuchik Leumiek meninggalkan seorang istri dan lima anak, seorang laki-laki, empat perempuan. Jenazah almarhum dikebumikan di pemakaman keluarga di Gampong Lamseupeung, ba’da Ashar, Rabu (16/9/2020).

Sejak dua tahun terakhir, H Harun Keuchik Leumiek telah menyelesaikan pembangunan sebuah masjid megah di desanya bernama Masjid H Keuchik Leumiek. Masjid yang menjadi ikon Kota Banda Aceh tersebut diresmikan pada 28 Januari 2019 dan menjadi destinasi wisata di Banda Aceh. (MADAN)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...