Topik

TP-PKK Aceh Tamiang dan PWP Lakukan Kunjungan di Kawasan Dampingan Pertamina

·
TP-PKK Aceh Tamiang dan PWP Lakukan Kunjungan di Kawasan Dampingan Pertamina
TP-PKK Aceh Tamiang, Dekranas dan PWP saat meninjau Galeri Ajang Ambe. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Aceh Tamiang bersama Ketua Persatuan Wanita Patra (PWP) dan rombongan melakukan kunjungan di beberapa kawasan pendampingan PT. Pertamina EP Field Rantau, baru-baru ini.

Saat melakukan kunjungan ke Pusat oleh-oleh khas Tamiang Galeri Ajang Ambe jalan Ir.H.Djuanda Kecamatan Karang Baru, Ketua TP-PKK Aceh Tamiang Rita Syntia, ST, mengatakan sinergi antara galeri ajang ambe dengan Dekranas Aceh Tamiang sangat diharapkan agar produk yang dihasilkan Dekranas dapat dipasarkan di Galeri Ajang Ambe.

"Pemkab Aceh Tamiang juga harus mampu menyiapkan galeri khusus bagi pengusaha kecil menengah untuk dapat memamerkan, sekaligus memasarkan produknya," harapnya.

Ketua Koperasi Ajang Ambe, Sarifah Aini mengatakan karena keterbatasan tempat, kami belum mampu menampung semua produk para pelaku usaha kecil menengah.

Saat di PPMP Rantau. Foto : Ist

Usai kunjungan dari Galeri Ajang Ambe, TP-PKK Aceh Tamiang meninjau Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP) berlokasi di komplek Pertamina Rantau dan ditempat tersebut rombongan diterima serta mendapat penjelasan dari Andre Priwanda, SP selaku Fasilitator Pendamping Pemberdayaan Masayarakat untuk Pertanian Terpadu PPMP yang kemudian menyampaikan rata-rata pengunjung hadir untuk mendapatkan penjelasan terkait peternakan, pertanian, pengelolaan sampah juga wisata edukasi dan penelitian.

Dalam kawasan PPMP terdapat kolam pemijahan ikan, pengelolaan limbah menjadi barang kerajinan, demplot tanaman sayuran, bank sampah, pembuatan pupuk organik dan lainnya. "PPMP ini hadir lebih kepada sebuah tempat pembelajaran bagi masyarakat, bukan sekedar menghasilkan produk komersial," jelas Andre.

Foto : Ist

Sementara itu, Ketua PWP Pertamina EP Rantau, Novika Hari Widodo, mengatakan kunjungan ini, merupakan bagian dari implementasi kerjasama dan nantinya akan terus dilakukan kegiatan secara bersama dibidang pengolahan sampah menjadi aneka kerajinan, pupuk organik dan kreativitas kerajinan lainya. "Nantinya juga tidak menutup kemungkinan akan dilakukan kegiatan keagamaan dan pendidikan bersama anatara TP-PKK Aceh Tamiang dengan PWP," jelasnya.(Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...