Topik

Turki: Vaksin Corona Sinovac 91 Persen Efektif Lawan Virus Corona

·
Turki: Vaksin Corona Sinovac 91 Persen Efektif Lawan Virus Corona
Foto : Istimewa

JAKARTA - Hasil awal uji klinis fase 3 vaksin COVID-19 buatan Sinovac di Turki menunjukkan vaksin tersebut efektif 91,25 persen melawan infeksi Corona. Hasil ini jauh lebih baik daripada yang dilaporkan dari uji coba terpisah vaksin COVID-19 Sinovac di Brasil.

Diberitakan Reuters, peneliti Turki mengatakan pada Kamis (24/12/2020) tidak ada efek samping yang terlihat selama uji klinis, selain dari satu orang yang memiliki reaksi alergi. Efek samping yang umum disebabkan oleh vaksin tersebut adalah demam, nyeri ringan dan sedikit kelelahan.

"Kami yakin akan efek vaksin itu. Kami sekarang yakin bahwa vaksin itu efektif dan aman untuk rakyat Turki," kata Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca pada konferensi pers.

Uji klinis fase 3 di Turki dimulai pada 14 September yang telah melibatkan lebih dari 7.371 sukarelawan. Untuk analisis kemanjuran, peneliti masih harus mengidentifikasi 40 relawan yang mengembangkan COVID-19 setelah mendapatkan suntikan.

Kemudian, dewan keamanan independen akan melihat datanya dan melihat apakah pasien ini mendapatkan vaksin atau plasebo, untuk menghitung tingkat akurasi vaksinnya.

Turki akan menerima 3 juta dosis Sinovac dan mendatangkan 50 juta lebih saat masa vaksinasi dimulai pada bulan depan. Penerima vaksin pertama adalah petugas kesehatan dan golongan penduduk yang paling rentan. (**)

Sumber : Detikcom

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...