Topik

Uji Calon Kapolri Selesai, Komisi III DPR: Proses Berjalan Lancar-Profesional

·
Uji Calon Kapolri Selesai, Komisi III DPR: Proses Berjalan Lancar-Profesional
Komjen Listyo Sigit Prabowo saat mengikuti fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR. Foto : Ist

JAKARTA - Uji calon Kapolri yang dilakukan oleh Komisi III DPR telah selesai. Ketua Komisi III DPR Herman Hery mengatakan proses uji calon Kapolri terhadap Komjen Listyo Sigit Prabowo berjalan lancar dan profesional.

"Jalannya proses fit and proper test lancar, cukup profesional, dan banyak hal yang sifatnya aspirasi dan harapan dari semua fraksi yang mewakili fraksi dan konstituennya, dan disampaikan kepada calon Kapolri," kata Herman Hery di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Herman mengatakan proses uji calon Kapolri ini seharusnya memiliki waktu 2,5 jam sesuai dengan protokol kesehatan yang telah diatur di DPR. Namun ada perpanjangan selama 30 menit, sehingga memakan waktu 3 jam.

"Proses fit and proper test kami lakukan selama 3 jam karena protokol kesehatan dan pimpinan DPR hanya membolehkan rapat hanya 2,5 jam. Tetapi, karena situasi dan kondisi, kami perpanjang 30 menit jadi 3 jam," kata Herman.

Setelah ini pihaknya akan melakukan rapat internal untuk memutuskan hasil uji kelayakan ini. Dalam rapat internal itu, juga akan ada pandangan tiap fraksi.

"Agenda kami setelah kami lakukan proper test ini pukul 15.00 nanti kami akan adakan rapat internal terkait pandangan fraksi-fraksi. Pandangan fraksi-fraksi ini menyangkut apa yang kami hasilkan selama fit and proper test tadi," ujarnya.

Seperti diketahui, uji calon Kapolri ini dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Komjen Listyo Sigit Prabowo tiba di DPR dengan didampingi Kapolri Jenderal Idham Azis serta jajaran senior Polri.

Dalam uji kelayakan, Komjen Sigit telah memberikan paparan serta visi-misinya untuk menjadi Kapolri. Tanya-jawab dari fraksi dan Komjen Sigit juga sudah dilakukan dalam uji kelayakan ini. (**)

Sumber : Detikcom

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...