Topik

Upacara HUT ke-16 Kabupaten Aceh Tamiang Berlangsung Khidmat

·
Upacara HUT ke-16 Kabupaten Aceh Tamiang Berlangsung Khidmat
Wakil Bupati Aceh Tamiang saat menjadi Inspektur Upacara. Foto : Ist.

ACEH TAMIANG - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16, Kabupaten Aceh Tamiang di lapangan belakang kantor Bupati Aceh Tamiang, Selasa (10/4/2018) berlangsung khidmat.

Suasana khas Melayu Tamiang te­ra­sa sangat kental dalam prosesi acara HUT tersebut. Seluruh jajaran pejabat Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SK­PK) Aceh Tamiang dan tokoh masya­rakat mengena­kan pakaian tradisional Melayu Tamiang.

Wakil Bupati Aceh Tamiang, H.T.Insyafuddin, ST dengan mengenakan pakaian berwarna kuning yang merupakan baju kebesaran khas Aceh Tamiang bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam sambutannya Wakil Bupati  mengatakan Tamiang adalah sebuah nama yang berdasarkan legenda dan data sejarah, yang berasal dari kata “ TE” dan “Miyang” yang berati tidak kena gatal atau tidak kena miang dari bambu.

Pada saat itu nama Tamiang tersebut melekat dan dikenal sampai ke kerajaan-kerajaan lain. Sejak tahun 1957 keinginan membentuk Kabupaten Aceh Tamiang sudah berkobar dan usulan tersebut mendapat dorongan semangat yang lebih kuat, dengan keluarnya TAP MPRS hasil sidang umum ke-IV tahun 1966 tentang pemberian otonomi yang seluas-luasnya.

Berkaitan dengan data diatas, serta hasil penelitian terhadap penemuan fosil sejarah, maka nama Tamiang dipakai menjadi usulan bagi pemekaran wilayah, untuk wilayah III Pembantu Bupati Aceh Timur meliputi eks kewedanaan Tamiang. Kemudian dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2002, maka Tamiang menjadi sebuah daerah Otonomi yang bernama Kabupaten Aceh Tamiang.

"Sebagai masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang kita wajib bersyukur dan menjadikan HUT ke-16 ini sebagai insprirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini ," kata Wakil Bupati T.Insyafuddin.

Melalui momentum hari jadi kabupaten Aceh Tamiang ke-16, Wakil Bupati mengajak semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan kerja sama dalam mensukseskan pembangunan dalam berbagai bidang.

"Masyarakat kabupaten Aceh Tamiang menantikan kerja nyata kita dan mari kita wujudkan Aceh Tamiang yang mandiri dan berdaya saing serta menjadi pelopor untuk mewujudkan cita cita mulia demi tercipatnya masyarakat yang adil dan makmur ," ujarnya.

Selama 16 tahun ini, ba­nyak keberhasilan yang sudah dito­rehkan Pemkab Aceh Tamiang. Di an­ta­ranya, mendapatkan penghargaan WTP selama 3 (tiga) tahun berturut-turut dan meraih berbagai keberhasilan di bidang lainnya.(Hen).

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...