Topik

Viral Benda Bercahaya Merah di Langit Aceh, Ini Hasil Penelusuran BMKG

·
Viral Benda Bercahaya Merah di Langit Aceh, Ini Hasil Penelusuran BMKG
Foto : Istimewa

BANDA ACEH - Video menunjukkan benda bercahaya merah yang jatuh dari langit di Aceh viral. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh mengungkap hasil penelusuran benda itu.

"Bukan fenomena alam," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang Zakaria, seperti dilansir dari detikcom, Senin (18/10/2021).

Zakaria mengatakan telah menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah untuk menelusuri benda tersebut. Dia mengatakan tidak ditemukan adanya benda atau bekas jatuhnya benda tersebut.

Zakaria mengaku mendapatkan laporan Kepala BPBD Bener Meriah bahwa di sana sedang ada latihan yang dilakukan pihak TNI. Dia menduga benda itu berkaitan dengan latihan tersebut. "Pak Kalak BPBD menduga kemungkinan itu suar untuk penyelamatan. Satgas TNI Papua dari semua batalion sekarang juga sedang latihan perang di Bener Meriah," jelas Zakaria.

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan adanya benda bercahaya merah jatuh dari langit di Aceh beredar di media sosial. BMKG belum mendapat laporan soal fenomena tersebut.

Dalam video yang diunggah di Instagram, Jumat (15/10), benda tersebut awalnya berjumlah satu unit dan kemudian terbelah menjadi beberapa bagian. Benda-benda itu memancarkan cahaya merah. "Jangan mendekat, jangan mendekat," kata seorang pria dalam video menggunakan bahasa Aceh.

Pria dalam video mempertanyakan jenis benda jatuh tersebut. Mereka juga terdengar menyebut benda itu terus terpecah. Video direkam dalam suasana masih gelap. Pengunggah video menyebut fenomena itu terjadi wilayah Bener Meriah, Aceh.

"Benda Bercahaya Jatuh Di Langit Aceh. Sebuah fenomena alam yang tidak biasa dimana ada benda bercahaya terlihat jatuh dari langit. Fenomena ini terjadi menjelang subuh di langit kawasan Simpang Lancang, Pintu Rime Gayo, Bener Meriah. Kamis (14/10)," tulis pengunggah video. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...