Topik

Wakil Bupati Aceh Tamiang Tinjau Lokasi Banjir dan Tanggul Jebol

·
Wakil Bupati Aceh Tamiang Tinjau Lokasi Banjir dan Tanggul Jebol
Wakil Bupati menyerahkan bantuan kepada Datok Penghulu Kampung Rimba Sawang untuk digunakan untuk keperluan pengungsi didapur umum. Foto : Hendra.

ACEH TAMIANG - Wakil Bupati Aceh Tamiang, H.T. Insyafuddin, ST meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir akibat curah hujan yang deras yang melanda beberapa kecamatan, menyebabkan warga tidak nyaman bahkan harus mengungsi sementara ke rumah warga lainnya.

Kunjungan Wakil Bupati yang turut didampingi Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang, Mix Donal, SE, Kepala Dinas Sosial Aceh Tamiang, Alijon, SE, dan sejumlah pejabat lainnya, diawali di Kampung Rimba Sawang Kecamatan Tenggulun.

Wakil Bupati mengatakan, kunjungan yang dilakukannya bersama rombongan untuk melihat langsung dari dekat kondisi banjir serta mengetahui kondisi masyarakat yang terkena banjir sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang.

“Banjir yang terjadi ini, selain disebabkan tingginya curah hujan beberapa hari terakhir ini, juga karena meluapnya sungai tamiang hingga tidak mampu menampung debit air dan melimpah hingga menggenangi rumah warga,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Wabup menyerahkan bantuan untuk keperluan dapur umum bagi pengungsi yang berada di Kampung Rimba Sawang kepada Datok Penghulu Said Razali.

Wabup didampinggi Plt Kepala BPBD Aceh Tamiang saat meninjau tanggul jebol di Rantau Pakam. Foto : Hendra
Caption

Dari Kampung Rimba Sawang Kecamatan Tenggulun, Wakil Bupati H.T. Insyafuddin selanjutnya meninjau langsung tanggul jebol yang sudah diperbaiki sementara di Kampung Rantau Pakam Kecamatan Bendahara.

"Untuk membenahi tanggul tersebut, pihaknya akan menganggarkan melalui anggaran perubahan tahun 2018, karena tanggul yang diperbaiki ini sifatnya sementara dan belum tertata rapi," ujar Wabup.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Aceh Tamiang, Mix Donal menambahkan, beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang yang dilanda banjir meliputi, Kecamatan Tamiang Hulu, Tenggulun, Bendahara, Kota Kualasimpang dan Seruway. Dari lima kecamatan yang dilanda banjir itu, kondisi terparah dialami titik Kecamatan Tenggulun.

Untuk mengantisipasi masalah ini Pemkab Aceh Tamiang telah melakukan langkah-langkah persuasif seperti, mendirikan dapur umum yang menyediakan makanan, air bersih bagi masyarakat yang terkena musibah bahkan sampai mengungsikan warga.

"Berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, saat ini dibeberapa lokasi airnya sudah surut dan sebagian warga yang mengungsi sudah kembali kerumah masing-masing," ujar Mix Donall.(Hen).

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...