Topik

Pilpres AS 2020

Warga AS Ramai-ramai Turun ke Jalan, Minta Semua Suara Dihitung Tuntas

·
Warga AS Ramai-ramai Turun ke Jalan, Minta Semua Suara Dihitung Tuntas
Foto : Istimewa

NEWYORK - Para demonstran turun ke jalanan berbagai kota dan wilayah di Amerika Serikat (AS) untuk menyerukan agar seluruh suara dalam pilpres AS dihitung hingga tuntas. Aksi ini digelar di New York, Philadelphia, Boston hingga Washington DC.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (5/11/2020), para demonstran di New York melakukan long march di kawasan 5th Avenue sebelum melakukan aksi sit-down atau duduk massal di Washington Square pada Rabu (4/11) malam waktu setempat.

Dalam aksinya, para demonstran membawa poster bertuliskan 'Count Every Vote' dan 'Defend Democracy'.

Aksi serupa juga digelar di Philadelphia, Pennsyvlania, dengan sekitar 200 demonstran yang mewakili serikat pekerja, aktivis iklim dan yang lainnya, berkumpul di dekat Independence Hall. Dengan membawa poster besar yang juga bertuliskan 'Count Every Vote', para demonstran melakukan long march di jalanan setempat.

Diketahui bahwa proses penghitungan suara di Pennsylvania belum selesai sepenuhnya. Data penghitungan sementara dari Fox News dan CNN menunjukkan Presiden Donald Trump unggul atas rivalnya, Joe Biden, di negara bagian tersebut.

Namun diketahui masih ada banyak surat suara via pos, yang dinilai akan menguntungkan Biden, yang belum selesai dihitung. Surat suara via pos memang biasanya memakan waktu lebih lama untuk diverifikasi dan dihitung. Dalam pilpres tahun ini, karena jumlah pemilih yang memakai surat suara via pos jauh lebih tinggi maka hasilnya diperkirakan akan diketahui lebih lama.

Tim kampanye Trump baru saja mengajukan gugatan di Pennsylvania untuk meminta pengadilan untuk menghentikan penghitungan suara hingga ada transparansi. Tim kampanye Trump menuduh pejabat-pejabat pemilihan di negara bagian itu melarang pemantau pemilu mendekati penghitung suara.

Aksi serupa yang menyerukan agar seluruh suara pemilih dihitung hingga tuntas juga digelar di beberapa wilayah lainnya, seperti Washington DC, Boston dan Texas. Dalam aksi di Dallas, Texas, para demonstran menuliskan kalimat 'Count Every Vote' dengan kapur di trotoar di depan Dallas City Hall. (**)

Sumber : Detikcom

GeBeTan - Ramadhan
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...